Pengaruh Perbedaan Cocopeat, Hidroton dan Arang Sekam Sebagai Media Tanam Terong (Solanum melongena) Pada Penyerapan Amonia (NH3), Nitrit (NO2) dan Nitrat (NO3) Air Budidaya Ikan Lele Dumbo (Clarias sp.) Pada Sistem Akuaponik

Tiara Agsi Putri (2020) Pengaruh Perbedaan Cocopeat, Hidroton dan Arang Sekam Sebagai Media Tanam Terong (Solanum melongena) Pada Penyerapan Amonia (NH3), Nitrit (NO2) dan Nitrat (NO3) Air Budidaya Ikan Lele Dumbo (Clarias sp.) Pada Sistem Akuaponik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (494kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. RINGKASAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 14 September 2023.

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 14 September 2023.

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV METODELOGI.pdf
Restricted to Registered users only until 14 September 2023.

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 September 2023.

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 September 2023.

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 September 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
12. PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lele dumbo merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mudah dibudidayakan hampir diseluruh wilayah Indonesia. Budidaya ikan lele dumbo secara intensif akan menghasilkan limbah yang berasal dari feses dan sisa pakan ikan. Limbah tersebut dapat menyebabkan penurunan kualitas air yang berpengaruh terhadap proses fisiologis, tingkah laku, pertumbuhan dan mortalitas ikan. Salah satu inovasi teknologi yang dapat diterapkan adalah penggabungan budidaya ikan dengan tanaman melalui sistem akuaponik. Prinsip teknologi akuaponik adalah mereduksi amonia dengan cara menyerap air buangan budidaya dengan menggunakan akar tanaman. Hal ini menjadikan kualitas air budidaya ikan lele dumbo akan lebih baik, menghemat penggunaan air dan lahan serta meningkatkan efisiensi usaha budidaya. Tanaman yang biasa digunakan dalam sistem akuaponik adalah tanaman jenis sayur yaitu tanaman terong. Salah satu faktor yang dapat mendukung keberhasilan dari sistem akuaponik yaitu adanya media tanam yang cocok untuk pertumbuhan tanaman. Media tanam yang baik harus memenuhi syarat tertentu seperti tidak mengandung bibit hama dan penyakit, mampu menampung air, tetapi juga mampu membuang atau mengalirkan kelebihan air. Selain itu syarat media tanam yang baik adalah ringan, mudah didapat, gembur dan subur (kaya akan unsur hara). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis media tanam terbaik sebagai media tanam untuk tanaman terong dalam menyerap amonia, nitrit dan nitrat di air budidaya ikan lele dumbo (Clarias sp.) pada sistem akuaponik. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan metode RAL yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan dengan media tanam yang berbeda yaitu P0 = kontrol, P1 = cocopeat, P2 =hidroton, P3 = arang sekam. Parameter utama dalam penelitian ini adalah penyerapan amonia, nitrat dan nitrit selama penelitian. Hasil perhitungan uji Analisis of Varian (ANOVA) menunjukkan bahwa perbedaan media tanam kontrol, cocopeat, hidroton dan arang sekam dalam sistem akuaponik menunjukkan perbedaan yang nyata (p<0,05) terhadap penyerapan amonia, nitrit dan nitrat. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa perlakuan terbaik terjadi pada perlakuan P3 (arang sekam) dengan nilai akhir kadar amonia sebesar 0,59 mg/L, nitrit sebesar 0,37 mg/L dan nitrat sebesar 4,99 mg/L. Hasil tersebut didukung juga dengan kualitas air selama penelitian seperti suhu, oksigen terlarut (DO) dan pH, serta pengukuran pertumbuhan tanaman terong yang menunjukkan bahwa perlakuan P3 (arang sekam) merupakan media tanam terbaik pada sistem akuaponik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.94-20 Put p
Uncontrolled Keywords: Media Tanam Terong (Solanum melongena), Amonia (NH3), Nitrit (NO2) dan Nitrat (NO3), Air Budidaya Ikan Lele Dumbo (Clarias sp.)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
Tiara Agsi PutriNIM141611133060
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrayogoNIDN0022057510
Thesis advisorBoedi Setya RahardjaNIDN0017015803
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:58
Last Modified: 14 Sep 2020 04:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98822
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item