Perlindungan Indikasi Geografis untuk Pertumbuhan Industri Kreatif di Sektor Kerajinan Batik

Mas Rahmah and Nurul Barizah (2014) Perlindungan Indikasi Geografis untuk Pertumbuhan Industri Kreatif di Sektor Kerajinan Batik. Universitas Airlangga, Surabaya.

[img] Text (FULL TEXT)
21 Perlindungan_Batik.pdf

Download (16MB)
[img] Text (PEER REVIEW)
21 PG kadep.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum digunakannya Indikasi Geografis sebagai model perlindungan bagi kerajinan Batik (khususnya di Jawa Timur) yang berkualitas sangat baik dan khas seperti Batik Bangkalan, Batik Sumenep, Batik Pamekasan, Batik Malang, Ponorogo, dsbnya. Mengingat kerajinan Batik bercirikan khas kedaerahan, maka sistem perlindungan produk kerajinan Batik seharusnya diarahkan ke proteksi Indikasi Geografis. Proteksi Indikasi Geografis sangat dibutuhkan karena kualitas dan karakteristik kerajinan Batik pada umumnya sangat dipengaruhi oleh faktor wilayah geografis daerah setempat. Indikasi Geografis ini memproteksi produk kerajinan batik yang berciri khas, bereputasi dan berkualitas baik, yang kualitas dan reputasi produk tersebut dipengaruhi alam, cuaca, tanah dan unsur geografis daerah yang bersangkutan, yang tidak dimiliki daerah lain. Indikasi Geografis memproteksi keunggulan, citra, asal dan kualitas produk daerah setempat agar tidak bisa ditiru daerah atau negara lain. Dengan adanya perlindungan berbasis Indikasi Geografis diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan industri kreatif di bidang kerajinan Batik dan meningkaikan nilai tambah produk yang akhirnya dapat memberi kontribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta pertumbuhan perekonomian Jawa Timur.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Indikasi Geografis; Industri Kreatif; Batik.
Subjects: K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1401-1578 Intellectual property
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Creators:
CreatorsNIM
Mas RahmahNIDN0012097104
Nurul BarizahNIDN0022027103
Depositing User: Tn Ubay Ubaidillah
Date Deposited: 22 Sep 2020 13:59
Last Modified: 22 Sep 2020 13:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98854
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item