Strategi Penghematan Pajak Penghasilan Pasal 21 Atas Penghasilan Karyawan Pada PT. RJ (Studi Kasus Di Persekutuan Perdatabahana Consulting)

Rico Jihad Zaputra (2020) Strategi Penghematan Pajak Penghasilan Pasal 21 Atas Penghasilan Karyawan Pada PT. RJ (Studi Kasus Di Persekutuan Perdatabahana Consulting). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (478kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
3. PENDAHULUAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text (PEMBAHASAN)
4. PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 17 September 2023.

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (SIMPULAN)
5. SIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 17 September 2023.

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 17 September 2023.

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
8. PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only until 17 September 2023.

Download (48kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan pembahasan yang dilakukan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini. Maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. PT. RJ telah melakukan perhitungan atas gaji karyawan sesuai dengan ketetapan pada UU No. 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan. 2. Metode net (metode net) menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh PT. RJ dalam melakukan perhitungan Pajak Penghasilan pasal 21 karyawan. Dengan digunakannya metode net (net method) karyawan mendapat fasilitas tidak menanggung beban pajak yang terutang oleh karyawan karena sudah ditanggung oleh perusahaan. Namun, Biaya PPh pasal 21 bagi perusahaan tersebut tidak bisa di biayakan (nondeductible expense) sehingga jumlah PPh terutang PT. RJ akan semakin besar karena laba bersih dari PT. RJ juga semakin besar dengan adanya koreksi fiskal positif pada Biaya PPh pasal 21. 3. Metode gros (gross method) menjadi salah satu metode yang bisa digunakan oleh PT. RJ. Namun, dalam metode ini karyawan mendapat potongan gaji sejumlah pajak yang terutang karena karyawan menanggung sendiri kewajiban PPh pasal 21 atas karyawan. Dari sisi perusahaan tidak ada dampak yang terlalu besar karena perusahaan tidak membiayakan biaya PPh Pasal 21 sehingga tidak akan ada koreksi fiskal secara positif dan dalam perlakuan biaya gaji perusahaan tetap namun penerimaan gaji karyawan akan berkurang karena dengan adanya metode gros. Karyawan tidak akan menerima gaji penuh dan pengurangan gaji oleh karyawan digunakan untuk memenuhi kewajiban perpajakan oleh perusahaan. 4. Metode gros up (gross up method) menjadi salah satu metode yang dapat digunakan oleh PT. RJ. Karyawan akan mendapat tambahan gaji berupa tunjangan pajak yang diberikan oleh perusahaan. Walaupun pajak yang di tanggung juga besar namun dari pajak yang di tanggung akan sama dengan total tunjangan pajak yang diberikan oleh perusahaan. Dari sisi perusahaan dengan diberikan tanggungan pajak kepada karyawan maka hal tersebut dapat dibiayakan secara fiskal (deductibleexpense) yang membuat biaya gaji yang ditanggung karyawan menjadi lebih besar. Dengan lebih besarnya biaya gaji maka akan memperkecil laba bersih dari perusahaan. Maka dari itu, PPh terutang oleh PT. RJ akan lebih kecil dan tentunya akan menguntungkan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV. P. 31/20 Zap s
Uncontrolled Keywords: Pajak, Pph
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Perpajakan
Creators:
CreatorsNIM
Rico Jihad ZaputraNIM151710713011
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSanti NovitaNIDN0007117305
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 17 Sep 2020 06:46
Last Modified: 17 Sep 2020 06:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99014
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item