Persepsi Remaja Surabaya Terhadap Citra Kota Surabaya Pada Tampilan Foto Di Akun Instagram @Exploresurabaya

Tahta Rizki Yuandri (2020) Persepsi Remaja Surabaya Terhadap Citra Kota Surabaya Pada Tampilan Foto Di Akun Instagram @Exploresurabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN AWAL)
1.HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN)
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah persepsi remaja Surabaya terhadap citra kota Surabaya pada tampilan foto akun Instagram @exploresurabaya. Penelitian ini menarik untuk dikaji, karena remaja Surabaya yang gemar menggunakan media sosial Instagram, motif information seeking akun Instagram @exploresurabaya oleh followers yang mayoritas remaja, kota Surabaya yang terus berevolusi, serta remaja sebagai penduduk kota yang memiliki tingkat interaksi lebih tinggi dengan kota tempat tinggal mereka, dibandingkan pengunjung. Selanjutnya, peneliti mengembangkan kajian dalam ranah persepsi dari penduduk remaja Surabaya, terhadap citra kota Surabaya yang ditampilkan oleh akun @exploresurabaya. Penelitian ini menggunakan teori persepsi dan citra kota. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dengan pendekatan kualitatif, dan tipe penelitian deskriptif. Sehingga dalam penelitian ini, menggali data secara mendalam menggunakan teknik penggalian data indepth interview dengan informan. Informan yang dimaksud merupakan followers berusia remaja, dengan identitas penduduk Surabaya, dan pernah berkunjung di berbgai destinasi/spot di Surabaya. Selanjutnya, peneliti menganalisis hasil transkrip wawancara dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menyajikan kesimpulan. Data dianalisis menggunakan teori proses persepsi, dan dikaitkan dengan teori citra kota. Hasil penelitian mengemukakan, bahwasanya setiap remaja Surabaya memiliki persepsi terhadap citra kota Surabaya pada tampilan foto akun Instagram @exploresurabaya yang subjektif. Subjektivitas tiap informan dalam menghasilkan persepsi, dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pada tahap proses persepsi tiap informan. Citra kota Surabaya yang muncul dari hasil persepsi mereka, di antaranya; kota lekat dengan budaya kopi, kota dengan budaya konsumtif, kota yang lekat dengan ikon kota, kota bersejarah, kota yang lekat dengan arsitektur belanda, kota modern. Adapun persepsi mereka terhadap foto- foto instagramable Surabaya secara umum, dimana foto-foto tersebut memberi dampak positif terhadap kota Surabaya. Selain itu, informan turut menyadari adanya teknik foto dan pengeditan yang dapat membangun hyper-reality. Sehingga, memungkinkan adanya gap antara visual dan realita kota Surabaya pada postingan instagramable kota Surabaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 27/20 Yua p
Uncontrolled Keywords: Persepsi, citra kota, Instagram, visual foto
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Tahta Rizki YuandriNIM071611533012
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti IsnainiNIDN0020097702
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 22 Sep 2020 04:39
Last Modified: 22 Sep 2020 04:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99196
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item