Penggunaan E-Brochure sebagai Alat Promosi untuk Meningkatkan Brand Awareness pada Akun Social Media Ipanganandotcom Perum Bulog

Shahlia Prastika Chahayani (2020) Penggunaan E-Brochure sebagai Alat Promosi untuk Meningkatkan Brand Awareness pada Akun Social Media Ipanganandotcom Perum Bulog. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. Halaman Judul .pdf

Download (214kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (98kB)
[img] Text (BAB 1)
4. Bab 1 - Pendahuluan .pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 2)
5. Bab 2 - Gambaran Umum Perusahaan.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2023.

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6. Bab 3 - Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2023.

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7. Bab 4 - Penutup.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2023.

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka .pdf

Download (55kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2023.

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
10. Surat Pernyataan Kesediaan Publikasi Karya Ilmiah .pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya mengenai penggunaan e-brochure sebagai alat promosi untuk meningkatkan brand awareness pada akun social media IpangananDotCom. Dan dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. 1. E-Brochure E-brochure dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh Perum BULOG terhadap e-commerce “IpangananDotCom”, kegiatan promosi melalui e-brochure ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama masyarakat Surabaya mengenai brand IpangananDotCom melalui akun social media mereka. Untuk mengetahui minat masyarakat terhadap e-brochure, peneliti telah memilih 700 responden yang telah dikumpulkan dan telah diolah datanya. Selain untuk mengetahui minat masyarakat terhadap e-brochure, peneliti juga ingin meneliti terkait respon masyarakat terhadap AIDA yang terkandung dalam e-brochure yang telah dirancang oleh peneliti. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada penjelasan berikut ini. a. Attention Dalam mengumpulkan informasi responden terkait membangun rasa penasaran atau keingintahuan akan suatu produk, peneliti telah mengembangkan instrumen variabel terkaitattentionpada e-brochuremenjadi tiga instrumen pertanyaan yaitu X1 mengenai iklan brosur mampu menarik minat responden untuk memperhatikan iklan tersebut, X2 mengenai iklan brosur mampu membangkitkan rasa keingintahuan responden untuk mengetahui lebih dalam mengenai “IpangananDotCom”, dan X3 mengenai tampilan pada iklan brosur tersebut memiliki keunikan tersendiri dalam menarik minat responden. Dan dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa X1 memiliki hasil rata-rata nilai 2, 57, X2 memiliki hasil rata-rata 2,47, X3 memiliki hasil rata-rata nilai 2,51. Dan jika dirata-rata hasil dari tiga instrumen tersebut, pada komposisi attention memiliki hasil rata-rata yaitu 2.52 itu menunjukkan bahwa e-brochure yang dirancang oleh peneliti dianggap kurang bisa membangun rasa penasaran atau keingintahuan responden akan suatu produk yang tercantum dalam e-brochure tersebut. b. Interest Dalam mengumpulkan informasi responden terkait membangun suatu rasa ketertarikan akan suatu produk, peneliti telah mengembangkan instrumen variabel terkait interest pada ebrochure menjadi tiga instrumen pertanyaan yaitu X4 mengenai reaksi dengan adanya iklan mengenai “IpangananDotCom” di timeline social media responden, (X5) mengenai perbandingan minat antara iklan brosur di social media lebih besar daripada iklan brosur cetak, (X6) informasi yang ada di dalam iklan brosur mudah dipahami oleh responden. Dan dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa X4 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 3,00, X5 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 3,25, X6 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 3,00. Dan jika dirata-rata hasil dari tiga instrument tersebut, pada komposisi interest memiliki hasil rata-rata yaitu 3,08 itu menunjukkan bahwa e-brochure yang dirancang oleh peneliti dianggap bisa atau mampudalam membangun suatu rasa ketertarikan responden terhadap IpangananDotCom. c. Desire Dalam mengumpulkan informasi responden terkait membangun suatu rasa keinginan untuk memiliki suatu produk, peneliti telah mengembangkan instrumen variabel terkait desire pada e-brochure menjadi dua instrumen pertanyaan yaitu (X7) mengenai iklan brosur dapat membangkitkan keinginan para responden untuk membeli produk tersebut dan (X8) informasi yang ada di dalam iklan dapat membuat para responden untuk mencari tahu lebih dalam mengenai “IpangananDotCom”. Dan dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa X7 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 2,68, dan X8 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 2,75. Dan jika dirata-rata hasil dari dua instrument tersebut, pada komposisi desire memiliki hasil rata-rata yaitu 2,72 itu menunjukkan bahwa e-brochure yang dirancang oleh peneliti dianggap cukup mampu dalam membangun suatu rasa keinginan responden untuk memiliki suatu produk dari IpangananDotCom. d. Action Dalam mengumpulkan informasi responden terkait membangun rasa ingin membeli akan suatu produk, peneliti telah mengembangkan instrumen variabel terkait action pada e-brochure menjadi dua instrumen pertanyaan yaitu (X9) iklan brosur dapat meyakinkan responden untuk membeli produk, dan (X10) iklan brosur dapat membuat responden agar sesegera mungkin melakukan pembelian produk. Dan dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa X9 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 2,61, dan X10 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 2,29. Dan jika diratarata hasil dari dua instrument tersebut, pada komposisi action memiliki hasil rata-rata yaitu 2,45 itu menunjukkan bahwa ebrochure yang dirancang oleh peneliti dianggap kurang mampu dalam membangun rasa ingin membeli para responden akan produk dari IpangananDotCom. 2. Brand awareness Dalam mengumpulkan informasi responden terkait kesanggupan responden untuk mengenali atau mengingat kembali tentang band “IpangananDotCom”, peneliti telah mengembangkan menjadi sembilan variabel instrumen pertanyaan yaitu (Y1) mengenai responden pernah mendengar “IpangananDotCom” dari teman maupun keluarga mereka, (Y2) mengenai responden mengetahui “IpangananDotCom” dari social media, (Y3) mengenai responden mengetahui kalau “IpangananDotCom” adalah e-commerce dari Perum BULOG, (Y4) mengenai responden mengetahui bahwa “IpangananDotCom” merupakan e-commerce yang menjual berbagai bahan pangan, (Y5) mengenai responden mengetahui bahwa “IpangananDotCom” menjual berbagai jenis beras dengan berbagai kualitas, (Y6) mengenai responden beranggapan “IpangananDotCom” menjadi salah satu pilihan Online Shop apabila ingin berbelanja bahan pangan, (Y7) mengenai responden membeli bahan pangan di “IpangananDotCom” dikarenakan harga yang terjangkau dibandingkan dengan lainnya, (Y8) mengenai Jika para responden kehabisan bahan pangan, mereka akan berbelanja di “IpangananDotCom” dibandingkan dengan tempat yang lainnya, dan (Y9) mengenai responden hanya mengetahui Online Shop penyedia bahan pangan hanyalah di “IpangananDotCom”. Dan dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa Y1 memiliki ratarata hasil nilai sebesar 1,86, Y2 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 2,65, Y3 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 3,01, Y4 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 3,04, Y5 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 3,02, Y6 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 3,00, Y7 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 2,54, Y8 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 2,53, dan Y9 memiliki rata-rata hasil nilai sebesar 2,35. Dan jika dirata-rata hasil dari sembilan instrument tersebut, pada komposisi brand awareness memiliki hasil rata-rata yaitu 2,40. Ini berarti berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa responden kurang mengetahui mengenai brand IpangananDotCom. Dan berdasarkan data pada bab I terkait platform social media dan hasil analisis dari kedua variabel penelitian yaitu e-brochure (AIDA) dan brand awareness menunjukkan bahwa kegiatan promosi Perum BULOG dalam memperkenalkan IpangananDotCom kepada masyarakat terutama masyarakat Surabaya sudah sesuai dalam pemilihan platform social media di mana Perum BULOG mempromosikan pada platform social media Instagram dan Facebook, di mana menurut data pada bab I merupakan platform social media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia, sedangkan berdasarkan hasil analisis kuesioner yang mengikutsertakan 700 responden yang didominasi oleh pelajar/mahasiswa perempuan yang berusia 20-24 tahun dan yang memiliki penghasilan <500.000 menunjukkan bahwa salah satu alat promosi yang digunakan Perum BULOG dalam mempromosikan IpangananDotCom yaitu berupa e-brochure sudah sangat sesuai dan dapat menarik minat masyarakat terutama kaum milenial, serta dapat membantu meningkatkan brand awareness dikarenakan dalam ebrochure mengandung informasi yang cukup lengkap, itu terbukti sebagian besar responden pernah mengetahui mengenai IpangananDotCom baik melalui e-commerce ataupun social media account, danrata-rata para responden mengetahuinya melalui timeline platform social media mereka. Namun dari segi tampilan e-brochure yang dirancang peneliti, e-brochure tersebut dirasa kurang dapat menarik minat dari segi warna, karena itu ebrochure yang dirancang peneliti kurang dapat membantu menarik minat membaca masyarakat terhadap e-brochure tersebut. Saran Dari penelitian yang telah dilakukan maka penulis memberikan saran sebagai berikut : 1. E-Brochure yang telah dipilih sebagai alat promosi sudah sangat sesuai untuk memperkenalkan IpangananDotCom kepada masyarakat, namun pada Variabel X mengenai AIDA dalam e-brochure mendapat nilai ratarata 2,69 yang berarti bahwa tampilan e-brochure yang dirancang harus diperbaiki agar menjadi lebih menarik supaya mendapat nilai 4. Tidak hanya itu perusahaan juga perlu meningkatkan lagi komponen yang ada dalam e-brochure seperti warna, tulisa, informasi produk, gambar produk, agak dapat lebih menarik minat masyarakat dalam mencari tahu mengenai IpangananDotCom lebih dalam lagi. 2. Brand Awareness yang diperkenalkan oleh Perum BULOG terkait IpangananDotCom sebenarnya cukup baik, namun kurang dapat membuat masyarakat untuk memperhatikan dan mengetahui tentang IpangananDotCom, itu terbukti dalam hasil Variabel Y memiliki rata-rata nilai sebesar 2,40 untuk setiap butir pertanyaannya. Sebaiknya Perum BULOG diharapkan dapat melakukan promosi baik secara langsung maupun melalui social media lebih sering lagi dengan kata-kata yang bersifat persuasif agar masyarakat semakin mengenal dan mengetahui tentang IpangananDotCom sehingga dapat meningkatkan nilai brand awareness menjadi 4.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PM 30/20 Sha p
Uncontrolled Keywords: e-brochure; brand awareness; social media
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran
Creators:
CreatorsNIM
Shahlia Prastika ChahayaniNIM151710813050
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorRizka Miladiah ErviantyNIDN0027018110
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 05 Oct 2020 06:18
Last Modified: 05 Oct 2020 06:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99715
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item