Lingkungan Obyek Wisata (Studi Deskriptif Tentang Dampak Tambang Emas Di Gunung Tumpang Pitu Terhadap Obyek Wisata Pulau Merah Di Kabupaten Banyuwangi)

Nirwasita Delta Maheswari Sularno (2019) Lingkungan Obyek Wisata (Studi Deskriptif Tentang Dampak Tambang Emas Di Gunung Tumpang Pitu Terhadap Obyek Wisata Pulau Merah Di Kabupaten Banyuwangi). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (377kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (375kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2023.

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA)
6. BAB III PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2023.

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
7. PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2023.

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang banyak dikunjungi wisatawan karena banyaknya obyek-obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyuwangi memiliki keindahan alam seperti gunung, air terjun, pantai, dan taman nasional. Salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah. Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Pantai Pulau Merah berada dibawah naungan Kesatuan Pemangkuan Hutan Banyuwangi Selatan. Tidak jauh dari Pulau Merah, terdapat tambang emas yaitu PT. Bumisuksesindo yang beroperasi mulai tahun 2016. Berdasarkan judul penelitian yaitu Dampak Penambangan Emas di Gunung Tumpang Pitu Terhadap Obyek Wisata Pulau Merah di Kabupaten Banyuwangi tersebut dirumuskan permasalahan tentang dampak apa yang dihasilkan oleh tambang terhadap Pulau Merah. Dampak yang dimaksud dalam penelitian ini adalah dampak lingkungan. Penulisan ini menggunakan metode penelutian deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan penggunaan bahan dokumen. Penelitian ini dilaksanakan di Obyek Wisata Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Setelah melakukan penelitian ini maka dapat diketahui bahwa penambangan emas di Gunung Tumpang Pitu memberikan dua dampak bagi lingkungan Obyek Wisata Pulau Merah yaitu pencemaran dan perusakan lingkungan.. Pencemaran lingkungan yang terjadi adalah pembuangan limbah tambang yang langsung ke laut. Perusakan lingkungan yang terjadi adalah penggundulan hutan untuk lahan penambangan emas yang mengakibatkan longsor kemudian banjir lumpur di Pulau Merah dan rusaknya akses jalan menuju Pulau Merah.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.37-20 Sul l
Uncontrolled Keywords: Dampak, Tambang, Lingkungan, Obyek Wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT281 Recreation. Amusements
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Nirwasita Delta Maheswari SularnoNIM151711413054
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Yulie Reindrawati, -NIDN0007077604
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 06 Oct 2020 13:49
Last Modified: 06 Oct 2020 13:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99778
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item