Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di Objek Wisata (Studi Deskriptif Mengenai Ketersediaan Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas di Taman Bungkul Surabaya)

Elyezer Yulius Rinekso (2020) Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di Objek Wisata (Studi Deskriptif Mengenai Ketersediaan Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas di Taman Bungkul Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (353kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB II DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN)
5. BAB II DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2023.

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA)
6. BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2023.

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2023.

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2023.

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini muncul karena adanya perbedaan kebutuhan wisatawan penyandang disabilitas dengan wisatawan yang normal di objek wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan fasilitas bagi penyandang disabilitas di Taman Bungkul sesuai dengan jenis disabilitasnya, penyediaan fasilitas bagi penyandang disabilitas oleh Pemerintah Kota Surabaya, dan penggunan fasilitas tersebut oleh penyandang disabilitas di Taman Bungkul Surabaya. Dengan begitu dapat diketahui apakah Taman Bungkul yang merupakan taman unggulan Kota Surabaya sudah ramah disabilitas atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai kondisi sosial atau untuk dieksplorasi dan mengklarifikasi suatu fenomena atau kenyataan sosial, dengan jalan mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah. Dengan demikian permasalahan dapat dijelaskan secara jelas dan terperinci serta memperoleh informasi secara detail melalui hasil wawancara, foto, dokumen pribadi, atau dokumen yang terkait dengan Taman Bungkul. Untuk mengetahui informasi mengenai fasilitas yang dibutuhkan oleh penyandang disabilitas beserta tanggapan masyarakat, beberapa informan yang dipilih terdiri dari Staff UPTD Taman Kota Taman Bungkul, penyandang disabilitas yang mengunjungi atau pernah mengunjungi Taman Bungkul, serta masyarakat yang berkunjung ke Taman Bungkul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Taman Bungkul sudah tersedia beberapa fasilitas bagi penyandang disabilitas seperti ram, tempat parkir, toilet, serta jalur pemandu. Namun dengan fasilitas yang sudah tersedia tersebut, Taman Bungkul belum sepenuhnya ramah disabilitas,karena penyandang disabilitas fisik pengguna kursi roda masih kesulitan dalam memasuki area Taman Bungkul karena ram yang terlalu curam. Selain itu jalur pemandu bagi disabilitas netra masih sangat kurang.Sedangkan untuk disabilitas rungu, mental dan intelektual, fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai. Selain Fasilitas, indikasi Taman Bungkul dapat disebut ramah disabilitas adalah masyarakatnya, dan sayangnya beberapa masyarakat yang berkunjung ke Taman Bungkul masih belum memahami kebutuhan penyandang disabilitas. Dengan demikian hasil penelitian ini merekomendasikan Pemerintah Kota Surabaya melengkapi fasilitas bagi penyandang disabilitas di Taman Bungkul dan juga mengedukasi masyarakat mengenai kebutuhan penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.67/20 Rin p
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, Aksesibilitas, Penyandang Disabilitas, Objek Wisata, Taman
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1551-3024 People with disabilities
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Elyezer Yulius RineksoNIM151711413064
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah NurhidayatiNIDN0010127003
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 06 Oct 2020 13:41
Last Modified: 06 Oct 2020 13:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99782
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item