Upaya Penanganan Kredit Bermasalah Pada Kredit Pemilikan Rumah(Kpr) Di Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Surabaya

Maulida Nurfaizah (2020) Upaya Penanganan Kredit Bermasalah Pada Kredit Pemilikan Rumah(Kpr) Di Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Surabaya. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (437kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text (Bab I PENDAHULUAN)
4.BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (99kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
5.BAB II.KAJIAN PUSTAKA 1.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2023.

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (Bab iii METODE PENELITIAN)
6.BAB III METODE PENELITIAN 1.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2023.

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV PEMBAHASAN)
7.BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2023.

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
8 BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2023.

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9,DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (EMBARGO)
embargo_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (KESEDIAAN PUBLIKASI)
kesediaan_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tugas akhir ini berjudul “Upaya Penanganan Kredit Bermasalah Pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Surabaya”. Tujuan dari penyusunan tugas akhir ini adalah untuk menjelaskan upaya penanganan kredit bermasalah pada kredit pemilikan rumah (KPR) di Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Surabaya. Untuk Menyusun tugas akhir ini penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data bersifat induktif sehingga hasil penelitian lebih menekankan pada makna. Dari hasil data penelitian tersebut kemudian dikembangkan menjadi sebuah teori. Setelah dilakukan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan kredit bermasalah adalah penyebab faktor dari bank, faktor dari debitur dan faktor lainnya. Faktor yang disebabkan dari pihak bank yaitu analisis kredit yang kurang tepat oleh pihak analisis kredit. Faktor yang disebabkan dari pihak debitur yaitu debitur kehilangan sumber penghasilan/pekerjaan, kurangnya manajemen usaha debitur, ketidakjujuran yang melibatkan pihak luar dan itikad tidak baik debitur. Faktor lainnya yaitu kondisi perekonomian secara makro. Dari adanya kredit bermasalah maka bank melakukan penanganan kredit bermasalah melalui pembinaan debitur, penyelamatan kredit bermasalah dan penyelesaian kredit bermasalah. Bank melaksanakan pembinan debitur melalui dua cara yaitu pembinaan di kantor (on desk) dan pembinaan kunjungan langsung (on site). Setelah dilakukan pembinaan apabila debitur mengalami kesulitan dalam pembayaran yang disebabkan oleh musibah yang dialami oleh debitur maka bank akan melakukan penyelamatan kredit bermasalah dengan cara restrukturisasi kredit. Apabila telah dilakukan pembinaan dan penyelamatan namun kolektibilitas kredit tidak menjadi lebih baik atau malah mengalami penurunan kualitas kredit maka akan dilakukan penyelesaian kredit dilakukan dengan cara klaim asuransi, lelang hak tanggungan, pengalihan piutang (cessie), surat kuasa menjual (SKM) dan penjualan bersama.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MPb.12-20 Nur u
Uncontrolled Keywords: Kredit bermasalah, kredit pemilikan rumah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perbankan
Creators:
CreatorsNIM
Maulida NurfaizahNIM
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDFitri Ismiyanti, -NIDN0023097607
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 09 Oct 2020 09:03
Last Modified: 09 Oct 2020 09:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99962
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item