Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran PT Amara Satu Raya (One Event) pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2019: Implikasi Manajerial Untuk Perhelatan GIIAS Surabaya 2020

Dinar Rizki Cahya Nugrahani (2020) Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran PT Amara Satu Raya (One Event) pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2019: Implikasi Manajerial Untuk Perhelatan GIIAS Surabaya 2020. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (907kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (686kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (685kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (714kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN .pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2023.

Download (995kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2023.

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
10. SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH .pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesimpulan Bedasarkan pembahasan yang telah diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Kegiatan strategi komunikasi pemasaran pada pameran otomtif GIIAS Surabaya 2019 dirasa sudah cukup efektif, hanya saja kurang dapat menarik perhatian pengunjung terhadap program acara dan penyampaian informasi yang dirasa kurang tersampaikan dengan baik kepada pengunjung sehingga perlu adanya upaya perbaikan dan peningkatan dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran untuk pameran otomotif GIIAS Surabaya 2020. 2. Dalam melakukan upaya strategi komunikasi pemasaran untuk GIIAS Surabaya 2020 pasca pandemi Covid-19, PT AMARA SATU RAYA melakukan: a. Pendekatan dengan media partner untuk mempertahankan eksistensi pameran otomotif GIIAS Surabaya, dan menarik minat calon pengunjung untuk menghadiri pameran pasca pandemi Covid-19. b. Pihak event organizer juga melakukan serangkaian komunikasi pemasaran guna meningkatkan awareness pengunjung terhadap pameran, antara lain: periklanan, personal selling, public relations, word of mouth. Kegiatan komunikasi pemasaran ini dilakukan karena dirasa cukup efektif dalam penyebaran informasi, dan kegiatan ini dipercaya dapat menyebarkan informasi secara luas dan cepat. c. Strategi komunikasi pemasaran yang dibuat bedasarkan hasil dari evaluasi strategi komunikasi pemasaran pameran otomotif GIIAS Surabaya 2019, dimana dari hasil evaluasi menunjukkan baik dari pihak pengunjung maupun peserta menginginkan peningkatan promosi dan informasi mengenai pameran otomotif GIIAS Surabaya. 3. Selain elemen-elemen tersebut PT AMARA SATU RAYA sebagai penyelenggara pameran otomotif GIIAS Surabaya 2020 juga melakukan penambahan area dalam pelaksanaan pameran untuk memenuhi keinginan peserta agen pemegang merek (APM) terkait luas lahan yang sempit pada pameran otomotif GIIAS Surabaya 2019. a. Dalam pelaksanaan pameran otomotif GIIAS Surabaya 2020 menggunakan seluruh area outdoor Grand City Surabaya, pada tahun lalu hanya menggunakan separuh area outdoor saja. b. Pameran otomotif GIIAS Surabaya 2020 yang direncanakan akan diselenggarakan pasca pandemi COVID-19 pada bulan September 2020 hanya akan diselenggaran selama 5 hari saja, dan akan memperpadat rangkaian acara yang akan dibuat. Saran Dari hasil penilitian Tugas Akhir yang berjudul “Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran PT AMARA SATU RAYA (ONE EVENT) Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2019: Implikasi Manajerial Untuk Perhelatan Pasca Pandemi Covid-19” maka, dapat tersampaiakn beberapa saran yaitu: 1. Menambah sumber daya manusia (SDM) khususnya untuk bagian divisi pemasaran sehingga tidak terjadi penumpukan pekerjaan dalam mengelola promosi untuk suatu event yang akan dikelola PT AMARA SATU RAYA dikarenakan event organizer ini hanya memiliki satu staff karyawan divisi pemasaran, sehingga semakin banyak SDM yang dimiliki semakin cepat terlaksananya promosi yang akan dilakukan, dan kendala pada suatu event dapat diatasi dengan cepat. 2. Penambahan social media untuk pameran otomotif GIIAS Surabaya agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Penambahan social media seperti twitter, dan youtube dirasa cukup bermanfaat dalam penyampaian informasi dikarenakan kedua social media tersebut juga memiliki daya minat yang tinggi di benak masyarakat. 3. Dalam peningkatan antusias pengunjung kepada program acara pada pameran otomotif GIIAS Surabaya 2020 sebaiknya pihak event organizer meningkatkan promosi untuk program acara sebagai strategi komunikasi dengan cara pada setiap program acara dapat memberikan semacam door prize, bonus penawaran yang menarik untuk pengunjung yang akan mengikuti rangkaian program acara pameran otomotif GIIAS Surabaya 2020.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PM. 43/20 Din e
Uncontrolled Keywords: Strategi; komunikasi; pemasaran; pameran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran
Creators:
CreatorsNIM
Dinar Rizki Cahya NugrahaniNIM151710813002
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorMoh. Darus SalamNIDN198705012018083101
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 09 Oct 2020 13:44
Last Modified: 09 Oct 2020 13:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99977
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item