Gancar Candra Premananto (2012) Ekplorasi Perbandingan Pembelian Impuls dan Pembelian Tidak Direncanakan. Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper Forum Manajemen Indonesia (FMI) ke 4. pp. 1-26. ISSN 2302 -7770
Text (Artikel)
Gancar Candra P_Karil 18_Eksplorasi Pembelian Impuls ....pdf Download (697kB) |
|
Text (Peer Review)
Gancar Candra P_Peer Review 018.pdf Download (1MB) |
Abstract
Fenomena pembelian impuls (impulse buying) telah sejak lama di kenal dan menjadi bagian dari dunia pemasaran, khususnya untuk dunia ritel, baik secara konseptual maupun praktis. Namun dari review penelitian terdahulu muncul pernyataan yang menarik bahwa masih banyak permasalahan yang belum terungkap dan masih menjadi enigma. Youn and Faber (2000) bahkan menyatakan bahwa studi yang dilakukan masih berada pada tahap awal untuk memahami pembelian impuls. Beberapa permasalahan yang teridentifikasi adalah permasalahan definitif konsep, sebagian peneliti dan konseptor menyamakan pembelian impuls dengan pembelian tidak direncanakan (unplanned buying), sebagian yang lain membedakan kedua konsep tersebut. Riset ini kemudian berupaya untuk memahami perbedaan dari kedua konsep tersebut baik dari aspek determinan maupun konsekuensinya. Untuk mengamati perbedaan tersebut, maka riset kualitatif dilakukan untuk mengeksplorasi. Dua studi kualitatif dilakukan untuk mengamati kedua konsep. Transkripsi dan kuotasi verbatim dilakukan dalam pelaporannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelian tidak direncanakan dan pembelian impuls memiliki perbedaan determinan dan konsekuensi. Bahwa pembelian impuls dipengaruhi oleh sifat impulsivitas konsumen dan memiliki konsekuensi rasa senang. Sedangkan pembelian tidak direncanakan selain dipengaruhi oleh sifat impulsivitas, juga dipengaruhi oleh emosi yang dirasakan di lingkungan toko. Adapun konsekuensi pembelian tidak direncanakan selain ada rasa senang juga menimbulkan rasa sesal dari aspek finansialnya.
Item Type: | Article | ||||
---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Impulse Buying, Unplanned Buying | ||||
Subjects: | H Social Sciences H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||
Creators: |
|
||||
Depositing User: | Tn Sugeng Riyanto | ||||
Date Deposited: | 13 Oct 2020 13:35 | ||||
Last Modified: | 20 Jun 2022 08:08 | ||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/100148 | ||||
Sosial Share: | |||||
Actions (login required)
View Item |