Silfiana (2020) Smart Parking: Tata Kelola Retribusi Jasa Parkir Dengan E-Parkir Untuk Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (Pad) Banyuwangi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1.HALAMAN JUDUL.pdf Download (758kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (130kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf Download (249kB) |
|
Text (BAB 2)
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 16 November 2023. Download (665kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 16 November 2023. Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 16 November 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8.BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 16 November 2023. Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 November 2023. Download (538kB) | Request a copy |
Abstract
Pendapatan Asli Daerah merupakan salah satu unsur dalam penyusun APBD yang terbagi atas pajak daerah, retribusi daerah termasuk retribusi parkir. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sistem pembayaran non-tunai menggunakan E-Parkir di beberapa titik lokasi yang berada dibawah naungan Dinas Perhubungan Banyuwangi. Desain sistem mengacu pada Peraturan Bupati No. 2 Tahun 2018 tentang pelaksanaan transaksi non tunai yang telah ditetapkan oleh bupati Banyuwangi dan mulai berlaku pada 16 Januari 2018. Penelitian ini menggunakan teori SIA (Sistem Informasi Akuntansi) dan sistem pembayaran elektronik (E-payment). Pendapatan parkir di Banyuwangi memiliki potensi yang bagus untuk terus dikembangkan sehingga dapat menjadi salah satu sektor pendapatan asli daerah terbesar melalui pembayaran retribusi parkir yang mampu memiliki output positif dalam pengelolaannya, namun kenyataannya proses transaksi dalam parkir di Banyuwangi kaitannya dengan pendapatan asli daerah masih belum efektif dan membutuhkan proses yang lama. Tujuan E-Parkir adalah sebagai metode dan sistem pembayaran yang lebih efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan teknik analisis adalah input- proses- output. Teknik pengembangan sistem menggunakan metode single holistic. Sedangkan analisis kelayakan sistem menggunakan CBA (Cost Benefit Analysis) dengan rasio manfaat dan biaya (BCR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Parkir mampu memberikan efisiensi atau penghematan waktu saat transaksi akses parkir. Selain itu, E-Parkir juga dapat digunakan sebagai upaya pemerintah dalam mengumpulkan retribusi parkir untuk masing-masing area parkir dengan ketentuan yang disesuaikan. Sehingga desain E-Parkir dapat berkontribusi pada efektivitas penerimaan pendapatan asli daerah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A 01 20 Sil s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Cost and Benefit Analysis, E-payment, Retribusi Parkir, SIA | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | hardiansah pramana abdilah | ||||||
Date Deposited: | 15 Dec 2020 23:14 | ||||||
Last Modified: | 15 Dec 2020 23:14 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/100810 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |