Pengaruh Konsentrasi Propilenglikol terhadap Profil Penetrasi perkutan Piroksikam dalam Basis Gel Carbopol Secara In Vitro

I Made Darmawan, 058510729 (2013) Pengaruh Konsentrasi Propilenglikol terhadap Profil Penetrasi perkutan Piroksikam dalam Basis Gel Carbopol Secara In Vitro. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-darmawanim-23515-8.ringk-.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan khususnya di bidang farmasi, maka diharapkan membuat suatu sediaan farmasi yang mempunyai efek teraputik sesuai dengan yang dir inginkan, dengan efek samping yang minimal serta mudah dalam penggunaannya. Banyak bahan-bahan yang ditambahkan dalam suatu sediaan farmasi, yang dapat meningkatkan efek terputiknya. Propilenglikol misalnya banyak digunakan dalam pengobatan karena disamping kurang toksis dibandingkan golongan glikol yang lainnya, juga dapat meningkatkan kelarutan bahan obat dalam air. Piroksikam merupakan obat anti inflamasi non steroid yang banyak digunakan akhir-akhir ini. Efek samping tersering penggunaan piroksikam adalah gangguan saluran cerna. Penambahan propilenglikol ke dalam gel piroksikam dengan basis carbopol diharapkan mampu meningkatkan kelarutan piroksikam. Piroksikam yang berada dalam keadaan terlarut akan berpenetrasi menembus membran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan propilenglikol terhadap profil penetrasi perkutan piroksikam dengan bahan pembentuk gel carbopol 934 secara in vitro. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan profil penetrasi perkutan piroksikam antar formula. Sediaan dengan konsentrasi propilenglikol 30% memberikan profil penetrasi perkutan yang paling baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF. 417/91 Dar p
Uncontrolled Keywords: FARMAKOLOGI
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
I Made Darmawan, 058510729UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoegiharto H, Drs.,Apt,UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 25 Mar 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 07:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10085
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item