Cahyo Bima Sakti Wibowo (2020) Inovasi “6 In 1” Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (339kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (135kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (703kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 8 December 2023. Download (771kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III PENYAJIAN DATA ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI TEORITIK.pdf Restricted to Registered users only until 8 December 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 8 December 2023. Download (77kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 8 December 2023. Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (PERMOHONAN EMBARGO)
10. PERMOHONAN EMBARGO.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
11. PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana inovasi 6 in 1 di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya dan menilai bagaimana kualitas pelayananannya. Latar belakang dari penelitian ini yaitu dikarenakan banyaknya jumlah yang mengurus sehingga menimbulkan antrian yang padat serta banyaknya biro jasa/calo sehingga memunculkan inovasi pelayanan “6 in 1”. Inovasi 6 in 1 merupakan inovasi pelayanan yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses kepengurusan dokumen kependudukan secara online yang terdiri dari 6 layanan dalam satu platform. Teori yang digunakan adalah teori dari Mulgan & Albury untuk lima tipologi inovasi sektor publik. Kemudian teori dari Zeithaml, Berry, dan Parasuraman untuk lima dimensi kualitas pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Penetapan informan dengan teknik purposive dan accidental. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa inovasi 6 in 1 bila dilihat dari lima tipologi inovasi sektor publik telah berjalan dengan baik dengan adanya perubahan pada bentuk proses dan metode pelayanan yang dilakukan secara online. Serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya lima dimensi kualitas pelayanan publik. Namun demikian, inovasi ini memiliki beberapa kendala, yaitu masih banyakanya masyarakat yang belum mengetahui inovasi ini dan masih banyaknya masyarakat yang belum memahami penggunaan teknologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.AN.45-20 Wib i | ||||||
Uncontrolled Keywords: | inovasi, tipologi inovasi sektor publik, kualitas pelayanan publik | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Fahimatun Nafisa Nafisa | ||||||
Date Deposited: | 08 Dec 2020 04:11 | ||||||
Last Modified: | 08 Dec 2020 04:11 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/101370 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |