Ashila Mawadda Syifaa (2020) THE IDENTITY PERFORMANCE OF ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL FEMALE STUDENTS IN INSTAGRAM: A CASE STUDY OF A PRIVATE ISLAMIC SCHOOL IN SOUTH SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1. INSIDE COVER PAGE.pdf Download (2MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
8. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (75kB) |
|
Text (ABSTRAK)
10. ABSTRACT.pdf Download (22kB) |
|
Text (BAB 1)
12. CHAPTER I - INTRODUCTION.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 2)
13. CHAPTER II - LITERATURE REVIEW.pdf Restricted to Registered users only until 6 January 2024. Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
14. CHAPTER III - RESEARCH METHOD.pdf Restricted to Registered users only until 6 January 2024. Download (41kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
15. CHAPTER IV - RESULT AND DISCUSSION.pdf Restricted to Registered users only until 6 January 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
16. CHAPTER V - CONCLUSION.pdf Restricted to Registered users only until 6 January 2024. Download (24kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. REFERENCES.pdf Download (64kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18. APPENDICES.pdf Download (122kB) |
|
Text (PERMOHONAN EMBARGO)
135-Kesediaan Publikasi dan Permohonan Embargo - ashila mawadda.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah-sekolah Islam di Indonesia saat ini menginternalisasi nilai-nilai Islam kepada siswa tidak hanya secara konvensional tetapi juga secara teknologi. Namun, penggunaan teknologi seperti sosial media Instagram yang dapat memediasi komunikasi dan interaksi antara siswa dan guru, justru dapat mengarahkan pada kebebasan dalam menunjukan identitas siswa yang dianggap tidak pantas sebagai Muslim. Misalnya, siswa perempuan cenderung mengunggah foto diri mereka tanpa memakai kerudung, menangkap kegiatan mereka di ruang publik tanpa dikawal oleh pihak keluarga, atau melakukan interaksi intim daring dengan teman lawan jenis. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki performa identitas daring siswa perempuan sekolah Islam swasta X dalam penggunaan Instagram. Adapun peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mencapai tujuan penelitian. Data dikumpulkan dari informan di sekolah swasta Islam X yang berlokasi di Surabaya Selatan melalui wawancara mendalam dengan siswa perempuan serta melakuka pengamatan interpretatif terhadap akun Instagram mereka. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teori drama Erving Goffman, yang membahas identitas seseorang sebagai penampilan di panggung depan dan panggung belakang. Penelitian ini menemukan bahwa siswa perempuan di sekolah Islam swasta X menggunakan lebih dari satu akun dalam melakukan identitas daring mereka. Studi ini juga menemukan bahwa siswa perempuan juga cenderung melakukan negosiasi terkait identitas mereka sebagai Muslim dalam menggunakan akun pertama dan kedua. Di akun pertama, mereka membangun diri sebagai elit saleh dan Muslim pada saat yang sama. Sementara pada akun kedua, mereka membangun identitas diri sebagai remaja wanita biasa. Studi ini akan memberikan pemahaman dan informasi tentang presentasi identitas Muslim di media online. Belum ada penelitian yang membahas performa identitas oleh siswa perempuan Muslim. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah lebih banyak informasi untuk studi tentang Muslim dalam hal negosiasi identitas. Anak prasekolah Indonesia, Penamaan gambar, Lupa-lupa ingat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKBKK2 FS BE 135/20 Sya t | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Identity performance, frontstage, backstage, self-presentation, teenagers. | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR83 English literature |
||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Ani Sistarina | ||||||
Date Deposited: | 06 Jan 2021 06:28 | ||||||
Last Modified: | 06 Jan 2021 06:28 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/102621 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |