Azwin Maghfurin (2020) Personal Brand Krisdayanti Ditinjau Dari Perilaku Pemilih Masyarakat Malang Raya Pada Pemilu Legislatif 2019. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (306kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (241kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only until 13 January 2024. Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 13 January 2024. Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 13 January 2024. Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 13 January 2024. Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
9. BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 13 January 2024. Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 13 January 2024. Download (859kB) | Request a copy |
|
Text (PERMOHONAN EMBARGO)
12. PERMOHONAN EMBARGO.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
13. PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada personal brand Calon Anggota Legislatif (Caleg) khususnya pada latar belakang selebriti ditinjau dari perilaku pemilih masyarakat Malang Raya pada Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019. Trend peningkatan jumlah Caleg selebriti di Indonesia menjadi perdebatan masyarakat yang menilai dunia selebriti sangat bertolak belakang dengan dunia politik. Kekhawatiran muncul di benak masyarakat atas keraguan kualitas selebriti dalam menjalankan amanat rakyat. Keberhasilan Krisdayanti dalam Pileg 2019 dan menjadi kandidat dengan perolehan suara terbanyak membuat peneliti ingin mengetahui dan menganalisis bagaimana personal brand yang dibentuk oleh Krisdayanti ditinjau dari perilaku pemilih masyarakat. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dengan metode penelitian survei berdasarkan 6 (enam) dimensi personal brand yaitu kekhasan, relevan, konsistensi, kompetensi, style (gaya), dan standard (kekuatan). Populasi dalam peneliti ini adalah pemilih pada Pemilu serentak tahun 2019 yang terdaftar pada Daerah Pemilihan (Dapil) V Jawa Timur, meliputi: Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang. Sampel penelitian ini berjumlah 400 responden degan teknik penarikan sampel menggunakan Probability Sampling dengan Cluster Random Sampling (Area Sampling). Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum personal brand Krisdayanti pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 ditinjau dari perilaku memilih masyarakat Malang Raya menunjukkan kategori tinggi untuk seluruh dimensi. Dari keenam dimensi personal brand, dimensi standard (kekuatan) dengan indikator first impression mendapat nilai mean yang paling tinggi. Sedangkan nilai rata-rata terendah didapat oleh dimensi kompetensi dengan indikator pengetahuan. Selain itu, bagi responden yang memilih Krisdayanti, perilaku pemilih yang ditunjukkan mengarah pada keputusan untuk memilih karena popularitas Krisdayanti sebagai selebriti. Sedangkan, bagi yang tidak memilih Krisdayanti, mayoritas responden berpendapat bahwa kemampuan dan kredibilitas Krisdayanti sebagai seorang politisi diragukan
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSK.28-20 Mag p | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Personal Brand, Voting Behavior, Celebrity Politics, Legislative Election in 2019 | |||||||||
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers > J(1)-981 General legislative and executive papers | |||||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Mrs. Djuwarnik Djuwey | |||||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2021 02:16 | |||||||||
Last Modified: | 13 Jan 2021 02:16 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/102978 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |