EFEK EKSTRAK N-HEKSANA, METANOL DAN AIR UMBI BIDARA UPAS (Merremia mammosa Hall) SEBAGAI ANTIBAKTERI Mycobacterium tuberculosis

MELAWATI OLEVIANINGRUM, 050513386 (2010) EFEK EKSTRAK N-HEKSANA, METANOL DAN AIR UMBI BIDARA UPAS (Merremia mammosa Hall) SEBAGAI ANTIBAKTERI Mycobacterium tuberculosis. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-olevianing-19876-ff1321-k.pdf

Download (338kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-olevianing-16655-ff1321-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkatnya resistensi Mycobacterium tuberculosis terhadap obat anti tuberkulosis perlu upaya pencarian obat tuberkulosis baru terutama yang berasal dari tanaman. Secara empiris masyarakat Sumenep-Madura memanfaatkan umbi bidara upas (Merremia mammosa Hall) untuk mengobati penderita tuberkulosis paru, selain itu menurut penelitian pendahuluan ekstrak n-heksana dari umbi bidara upas mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa ekstrak n-heksana, metanol dan air dari umbi bidara upas memiliki efek daya hambat terhadap pertumbuhan Mycobacterium tuberculosis serta menentukan Minimum Inhibition Consentration (MIC). Uji aktivitas antibakteri dan penentuan MIC dari ekstrak umbi bidara upas dilakukan dengan metode dilusi agar menggunakan media midllebrook 7H9 dan 7H10, masing -masing ekstrak dibuat dengan konsentrasi 8000 – 250 µg/ml. Untuk meningkatkan kelarutan ekstrak n-heksana ditambah Tween 80 dan DMSO dengan konsentrasi 1,2%. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa ekstrak n-heksana mengandung senyawa golongan triterpen dan terpenoid, ekstrak metanol mengandung senyawa golongan polifenol dan flavonoid dan ekstrak air mengandung senyawa golongan polifenol. Uji aktivitas menunjukan bahwa ketiga ekstrak tersebut dapat menghambat pertumbuhan Mycobacterium tuberculosis, dengan MIC ekstrak n-heksana 400 µg/ml, ekstrak metanol 500 µg/ml dan ekstrak air 400 µg/ml. Hasil yang diperoleh diperkuat dengan melakukan uji Basil Tahan Asam (BTA) menggunakan pewarnaan Zielh-nelseen dan uji niacin. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengisolasi senyawa aktif yang dapat menghambat pertumbuhan (MTB) dari ekstrak n-heksan, metanol dan ekstrak air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK B KK-2 FF 132/11 Ole e
Uncontrolled Keywords: PLANTS, MEDICINAL; MYCOBACTERIAL TUBERCULOSIS
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmakognosi Fitokimia
Creators:
CreatorsNIM
MELAWATI OLEVIANINGRUM, 050513386UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMANGESTUTI AGIL, Dr. Hj., MS., AptUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 26 Sep 2011 12:00
Last Modified: 14 Oct 2016 03:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10318
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item