Model Keterampilan Kognitif Dalam Konteks Pembelajaran Inkuiri

Ika Andrini Farida (2020) Model Keterampilan Kognitif Dalam Konteks Pembelajaran Inkuiri. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (693kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (756kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (884kB)
[img] Text (BAB II TINJUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III KERANGKA KONSEPTUAK DAN HIPOTESIS PENELITIAN)
6. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV METODE PENELITIAN)
7. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN)
8. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI PEMBAHASAN)
9. BAB VI PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN)
10. BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (967kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
PERMOHONAN EMBARGO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model keterampilan kognitif dalam konteks pembelajaran inkuiri dengan menguji hubungan prediktif antara variabel pengetahuan metakognitif, pemahaman epistemologis, dengan variabel keterampilan metakognitif, nilai intelektual, dan keterampilan kognitif. Selain itu penelitian ini bertujuan menguji perbedaan pemodelan antar kelompok berbasis sekolah, jenis kelamin, dan usia. Sejumlah 502 siswa dari delapan SMP Negeri (211 laki-laki dan 291 perempuan) di Kota Malang berpartisipasi dalam penelitian ini dengan mengisi lima alat ukur, yaitu Inventori Strategi Kontrol Variabel, Inventori Pengetahuan Metakognitif dan Keterampilan Metakognitif, Kuesioner Pemahaman Epistemologis, Kuesioner Nilai Intelektual dan Skala Need for Cognition. Data dianalisis menggunakan structural equation modeling (SEM) dan dilakukan analisis lebih lanjut menggunakan multigroup analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan kognitif siswa kelas 8 memperoleh pengaruh positif secara langsung dari pemahaman epistemologis. Pengetahuan metakognitif memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan metakognitif, akan tetapi keterampilan metakognitif berpengaruh negatif terhadap keterampilan kognitif. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan adanya variasi antar kelompok pada beberapa jalur. Ditemukan adanya pengaruh positif pengetahuan metakognitif terhadap keterampilan kognitif pada kelompok siswa laki-laki berusia 12-13 tahun. Pengaruh negatif keterampilan metakognitif terhadap keterampilan kognitif terutama ditemukan pada kelompok siswa di sekolah dengan nilai PPDB lebih rendah dan kelompok siswa laki-laki berusia 12-13. Terdapat hasil yang bervariasi pada pengaruh nilai intelektual terhadap keterampilan kognitif. Pada sebagian besar kelompok siswa ditemukan bahwa nilai intelektual tidak berpengaruh terhadap keterampilan kognitif. Hasil yang berbeda ditemukan pada kelompok siswa laki-laki berusia 12-13 tahun, yaitu adanya pengaruh negatif nilai intelektual terhadap keterampilan kognitif, sebaliknya pada kelompok siswa perempuan berusia 14-15 tahun ditemukan adanya pengaruh positif nilai intelektual terhadap keterampilan kognitif. Temuan model keterampilan kognitif dalam penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan penalaran ilmiah siswa melalui pengembangan modul atau buku pendamping bagi siswa. Temuan penelitian ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesetaraan pencapaian belajar antar siswa dengan kapasitas kognitif yang berbeda.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis Psi 04/21 Far m
Uncontrolled Keywords: keterampilan kognitif, pengetahuan metakognitif, keterampilan metakognitif, pemahaman epistemologis, nilai intelektual, pembelajaran inkuiri, analisis jalur multigrup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Ika Andrini FaridaNIM111417127309
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Retno SuminarNIDN0013036606
Thesis advisorNur Ainy Fardhana NawangsariNIDN0027027203
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Jan 2021 02:50
Last Modified: 20 Jan 2021 02:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/103209
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item