Anayanti Rahmawati (2020) Model Kompetensi Sosial Emosional Untuk Kesiapan Sekolah Pada Anak Usia Dini. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (693kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (756kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (884kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 20 January 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN)
6. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 January 2024. Download (698kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV METODE PENELITIAN)
7. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 January 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V HASIL PENELITIAN)
8. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 January 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI PEMBAHASAN)
9. BAB VI PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 January 2024. Download (934kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN)
10. BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 January 2024. Download (714kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (967kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 January 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PERMOHONAN EMBARGO)
PERMOHONAN EMBARGO.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) | Request a copy |
Abstract
Kompetensi sosial emosional untuk kesiapan sekolah penting dimiliki anak sebelum masuk SD karena kegiatan pembelajaran di sekolah dilakukan anak bersama teman-teman dengan bimbingan guru. Keberhasilan pembelajaran membutuhkan kemampuan untuk memahami perasaan serta sudut pandang orang lain. Pembelajaran di sekolah akan berjalan dengan baik jika anak-anak telah memiliki kompetensi sosial emosional untuk kesiapan sekolah. Fenomena menunjukkan kompetensi sosial emosional untuk kesiapan sekolah pada anakanak masih rendah. Kondisi ini perlu diperhatikan karena dapat berakibat rendahnya penyesuaian diri anak yang akan menghambat kegiatan belajar di sekolah. Memperhatikan kondisi rendahnya kompetensi sosial emosional untuk kesiapan sekolah, maka penelitian ini dilakukan. Penelitian ini, bertujuan mengembangkan model teoritik kompetensi sosial emosional untuk kesiapan sekolah pada anak usia dini, dengan melihat pengaruh pola asuh otoritatif, relasi guru-anak dan mastery motivation. Sampel penelitian berjumlah 417 anak beserta orangtuanya di Kabupaten Sukoharjo. Usia anak berkisar 5-6 tahun. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diisi oleh orangtua dan guru. Teknik analisis data menggunakan SEM. Hasil penelitian menunjukkan model teoritik telah sesuai dengan data empiris di lapangan. Kondisi ini berarti kompetensi sosial emosional untuk kesiapan sekolah pada anak usia dini dapat ditingkatkan melalui penerapan pola asuh otoritatif dan kedekatan relasi guru-anak. Mastery motivation dalam penelitian ini berperan sebagai perantara pengaruh antara pola asuh otoritatif terhadap kompetensi sosial emosional untuk kesiapan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini penting bagi para guru memperhatikan relasinya dengan anak yaitu dengan menjalin kedekatan dan menghindari konflik agar kompetensi sosial emosional anak dapat meningkat. Dukungan bagi peningkatan kompetensi sosial emosional anak juga dapat dilakukan orangtua melalui penerapan pola asuh otoritatif. Anak-anak yang mendapatkan pengasuhan dengan pola asuh otoritatif akan memiliki mastery motivation yang akan mendorong tercapainya kompetensi sosial emosional untuk kesiapan sekolah dengan lebih baik
Item Type: | Thesis (Disertasi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Dis Psi 05/21 Rah m | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | motivation kompetensi sosial emosional, kesiapan sekolah, pola asuh otoritatif, relasi guru-anak, mastery | |||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1140-1140.5 Preschool education. Nursery schools |
|||||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | |||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2021 05:10 | |||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2021 05:10 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/103222 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |