STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN ETILENDIAMIN TETRAACETAT DAN ETILENGLIKOL BIS-(B-AMINOETILETER)-TETRAACETAT PADA PENENTUAN KADAR KALSIUM DENGAN ADANYA MAGNESIUM SECARA KELATOMETRI

YULISTIANI, 058210515 (1987) STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN ETILENDIAMIN TETRAACETAT DAN ETILENGLIKOL BIS-(B-AMINOETILETER)-TETRAACETAT PADA PENENTUAN KADAR KALSIUM DENGAN ADANYA MAGNESIUM SECARA KELATOMETRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kalsium dan Magnesium mempunyai sifat-sifat kimia yang hampir sama, keduanya sering terdapat bersama-sama baik di alam ataupun pada seaiaan farmasi, sehingga menimbulkan kesukaran dalam menentukan kadar Kalsium. Terdapat bermacam-macem cara penentuan kadar Kalsium dengan adanya Magnesium. Pada penelitian ini digunakan metoda kelatometri. Adapun tujuannya adalah untuk membandingkan penggunaan titran pembentuk kelat EDTA dan EGTA pada penentuan kadar Kalsium dengan adanya Magnesium secara kelatometri. Perbandingan Kalsium dan Magnesium yang digunakan diharapkan suaah mencakup perbandingan dalam cairan tubuh, makanan dan obat-obatan. Sampel ( campuran Kalsium dan Magnesium ) ditambah larutan KaOH 15% pH 12,5 ; ditambah indikator Calcon dan dititrasi sampai terjadi perubahan warna dari merah menjadi biru. Tiap perbandingan dalam satu penggunaan titran pembentuk kelat ditentukan sebanyak empat replikasi. Data hasil penelitian diolah secara statistik menurut analisa.varian dengan model ”Randomized Complete Block Design". Hasil yang didapatkan, penggunaan EDTA dan EGTA secara kelatometri tidak memberikan perbedaan yang bermakna. Pada perbandingan kadar Magnesium semakin besar, prosen kadar Kalsium yang didapat semakin menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 225/87 Yul s
Uncontrolled Keywords: KELATOMETRI
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
YULISTIANI, 058210515UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Soeharsono, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 27 Mar 2013 12:00
Last Modified: 18 Jul 2016 08:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10346
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item