Perlindungan Hukum Dan Penanganan Khusus Pelapor Tindak Pidana (Whistleblower) Dan Saksi Pelaku Yang Bekerjasama (Justice Collaborators) Pada Tindak Pidana Korupsi Dalam Prospektif Hukum Pidana Di Indonesia

Adi Prasetyo (2020) Perlindungan Hukum Dan Penanganan Khusus Pelapor Tindak Pidana (Whistleblower) Dan Saksi Pelaku Yang Bekerjasama (Justice Collaborators) Pada Tindak Pidana Korupsi Dalam Prospektif Hukum Pidana Di Indonesia. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (104kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2024.

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2024.

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2024.

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR BACAAN)
8. DAFTAR BACAAN .pdf

Download (55kB)
[img] Text (KESEDIAAN PUBLIKASI)
9. KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only until 25 January 2024.

Download (206kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini membahas konsep dan ketentuan tentang pelapor tindak pidana (Whistleblower) dan saksi pelaku yang bekerjasama (Justice Collaborators) dalam sistem peradilan pidana di Indonesia. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; Bagaimana penanganan dan perlindungan Justice Collaborators dan Whistleblower dalam sistem hukum pidana di Indonesia dan bagaimana perspektif hukum pidana di Indonesia mengenai Justice Collaborators dan Whistleblower dalam pengungkapan tindak pidana korupsi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif dengan pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan Pendekatan perundangan-undangan dan pendekatan konseptual, diperoleh analisa Istilah whistle blower dan Justice Collaborator dikutip dari Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 4 Tahun 2011 tentang perlakuan Bagi Pelapor Tindak Pidana (whistle blower) dan saksi pelaku yang bekerjasama (Justice Collaborator) di dalam tindak pidana tertentu. Dalam SEMA disebutkan, “whistle blower adalah pihak yang mengetahui dan melaporkan indak pidana tertentu dan bukan merupakan bagian dari pelaku kejahatan yang dilaporkannya. Sedangkan justice collaborator merupakan salah satu pelaku tindak pidana tertentu, mengakui yang dilakukannya, bukan pelaku utama dalam kejahatan tersebut serta memberikan keterangan sebagai saksi di dalam proses peradilan.Tindak pidana tertentu yang dimaksud SEMA adalah tindak pidana korupsi, terorisme, tindak pidana narkotika, tindak pidana pencucian uang, perdagangan orang, maupun tindak pidana lainnya yang bersifat terorganisir. Sehingga, tindak pidana tersebut telah menimbulkan masalah dan ancaman serius bagi stabilitas dan keamanan masyarakat. Whistle blower maupun justice collaborator memiliki perlindungan berbeda satu sama lain. Hal ini sesuai ketentuan Pasal 10 UU No.13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban. Terdapat empat hak dan perlindungan yang diatur dalam peraturan bersama ini. Pertama, perlindungan fisik dan psikis bagi whistle blower dan justice collaborator. Kedua, perlindungan hukum. Ketiga penanganan secara khusus dan terakhir memperoleh penghargaan. Untuk penanganan secara khusus.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2TH.34-21 Pra p
Uncontrolled Keywords: Whistle Blower Dan Justice Collaborator , Tindak Pidana Korupsi, Perlindungan Hukum Dan Penanganan Khusus.
Subjects: K Law
K Law > K Law (General)
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB2000-2035 Public law. The State
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Adi PrasetyoNIM031214153093
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Basuki MinarnoNIDN0013106306
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 23 Sep 2021 05:01
Last Modified: 23 Sep 2021 05:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/103805
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item