Yollanda Alvis (2020) Ketimpangan Kesempatan Pendidikan dan Literasi Digital di Indonesia. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (545kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (442kB) |
|
Text
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (535kB) |
|
Text
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 10 February 2024. Download (994kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 February 2024. Download (637kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 February 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 February 2024. Download (403kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 10 February 2024. Download (611kB) | Request a copy |
|
Text
Pernyataan Kesediaan Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
Abstract
Ketimpangan kesempatan pendidikan merupakan masalah pendidikan dan juga masalah ekonomi di Indonesia yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Pencapaian pendidikan menjadi input dasar dalam pembentukan pendapatan yang nantinya akan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan individu. Perbedaan pencapaian pendidikan yang tidak merata akibat faktor eksogen ketika akses peluang sama mengakibatkan ketimpangan kesempatan pendidikan. Kemajuan teknologi menuntut berbagai pihak untuk memiliki literasi digital. Literasi digital dianggap sebagai alat yang efektif dan integral di bidang pendidikan karena menunjang kualitas dan kuantitas pendidikan. Diharapkan literasi digital nantinya juga dapat mengurangi ketimpangan kesempatan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi ketimpangan kesempatan pendidikan dan menganalisis hubungan literasi digital terhadap ketimpangan kesempatan pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi Ordinary Least Square (OLS) dan analisis proporsi menggunakan data sekunder Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Tahun 2018 dari Badan Pusta Statistik (BPS) dengan cakupan anak usia sekolah 12-18 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya ketimpangan kesempatan pendidikan di Indonesia. Ketimpangan kesempatan pendidikan dipengaruhi signifikan oleh jenis kelamin, subsidi Program Indonesia Pintar (PIP), Pendidikan tertinggi kepala rumah tangga, jumlah anggota rumah tangga dan pengeluaran per kapita. Indeks nasional sebesar 0.045 dengan indeks tertinggi pada Provinsi Kepulauan Riau dan terendah Provinsi Papua sebesar 0.013 dan 0.158. Indeks literasi digital terbesar pada Provinsi DI Yogyakarta dan terkecil pada Provinsi Nusa Tenggara Timur sebesar 0.635 dan 0.096. Adanya hubungan negative signifikan antara ketimpangan kesempatan pendidikan dan literasi digital di Indonesia. Mayoritas provinsi-provinsi di Pulau Jawa memiliki kondisi paling ideal. Sebaliknya, mayoritas provinsi-provinsi di wilayah timur memiliki kondisi paling tidak ideal
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TE.23-20 Alv k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Ketimpangan Kesempatan Pendidikan, Literasi Digital, Pendidikan | ||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Ekonomi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2021 02:31 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2021 02:31 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/103906 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |