PROFIL AKTIVITAS ENZIM FIBRINOLITIK TEMPE KACANG MERAH (Vigna angularis) HASIL FERMENTASI Rhizopus oligosporus FNCC 6010 DENGAN PURIFIKASI PARSIAL-KROMATOGRAFI FILTRASI GEL

Ayek Rezka Trialvianti, 051011258 (2014) PROFIL AKTIVITAS ENZIM FIBRINOLITIK TEMPE KACANG MERAH (Vigna angularis) HASIL FERMENTASI Rhizopus oligosporus FNCC 6010 DENGAN PURIFIKASI PARSIAL-KROMATOGRAFI FILTRASI GEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-trialviant-35549-6.ringk-n.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cardiovascular disease (CVDs) merupakan salah satu penyebab kematian di dunia. Salah satu penyebab CVDs adalah terbentuknya bekuan darah di pembuluh darah, benang-benang fibrin yang mengeras akan menyumbat aliran darah. Berbagai macam agen trombolitik yang ditemukan untuk melisis thrombus seperti aktivator plasminogen, urokinase dan lain-lain memiliki banyak efek samping hemorrhage internal serta harganya mahal. sehingga dikembangkan lagi oleh peneliti-peneliti mengenai enzim fibrinolitik (Kotb, 2012). Makanan fermentasi tradisional memiliki potensi yang besar sebagai sumber mikroorganisme fibrinolitik (Prihanto et al., 2013). Salah satu makanan fermentasi yang memiliki aktivitas fibrinolitik adalah natto. Di Indonesia, makanan fermentasi tradisional yang banyak dikonsumsi adalah tempe. Bahan yang sering digunakan dalam pembuatan tempe adalah kedelai, tetapi pada penelitian ini digunakan kacang merah karena kandungan protein kacang merah cukup tinggi sebesar 17,37% serta sudah diteliti oleh Chang et al., 2012, bahwa makanan fungsional natto dari kacang merah hasil fermentasi Bacillus subtilis memiliki 2 protease yang merupakan enzim fibrinolitik. Oleh karena itu, diharapkan tempe kacang merah (Vigna angularis) hasil fermentasi Rhizopus oligosporus FNCC 6010 memiliki aktivitas fibrinolitik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bahwa tempe kacang merah (Vigna angularis) hasil fermentasi Rhizopus oligosporus FNCC 6010 memiliki aktivitas enzim fibrinolitik serta mengetahui profil aktivitas enzim dan aktivitas spesifik enzim fibrinolitik tempe kacang merah (Vigna angularis) yang difermentasi oleh Rhizopus oligosporus FNCC 6010 dengan purifikasi parsial dan hasil purifikasi parsial-kromatografi filtrasi gel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2. FF. KF. 25-14 Tri p
Uncontrolled Keywords: FIBRINOLYTIC
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Kimia Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Ayek Rezka Trialvianti, 051011258UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAchmad Toto PoernomoUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 06 Feb 2015 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 03:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10450
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item