DISTY PUTRI RATNA INDRASARI, 040217413 (2006) PERANAN SISTEM INFORMASI ON-LINE DALAM MENUNJANG PROSES RESTITUSI PPN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-indrasarid-1091-a_105_06.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-indrasarid-1091-a_105_06.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Orientasi pengembangan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), sebagai organisasi pelayanan publik, ke depan adalah memperbaiki kualitas sistem pelayanan kepada Wajib Pajak dengan memberikan banyak kemudahan dalam urusan perpajakan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sistem pelayanan tersebut adalah dengan menggunakan sistem layanan on-line, termasuk di dalamnya adalah sistem Monitoring Pelaporan Pembayaran Pajak (MP3) secara on-line. Sistem MP3 merupakan sistem yang digunakan DJP dalam mengakses data-data pemhayaran Pajak secara on-line. Menurut pihak DJP, banvak manfaat dan kelebihan yang dimiliki oleh sistem MP3. Berbagai manfaat dan kelebihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh DJP dan kepatuhanWajib Pajak. Penerapan sistem on-line ini sebagai suatu sistem baru akan membawa kepada arah yang lebih baik, salah satunya diharapkan dapat membawa perubahan yang lebih baik bagi pelaksanaan restitusi Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Dalam penelitian ini, proses restitusi dibedakan menjadi dua, yaitu proses restitusi sebelum adanya sistem on-line ini dan proses restitusi dengan menggunakan sistem on-line. Hal ini dikarenakan peneliti ingin mengetahui prosedur dan manfaat diterapkannya sistem on-line khususnya pada proses restitusi Pajak Pertambahan Nilai. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Obyek penelitian ini adalah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Kediri. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan teknik yang bersifat deskriptif. Setelah melakukan penelitian, didapat keputusan bahwa sistem on-line ini dapat membawa perubahan yang lebih baik khususnya pada proses restitusi Pajak Pertambahan Nilai. Perubahan-perubahan yang lebih baik tersebut terletak pada tidak perlunya melakukan konfirmasi secara manual, sehingga dapat memberikan pengaruh-pengaruh positif lainnya
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A 105/06 Ind p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | ACCOUNTING - DATA PROCESSING; TAXATION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1709 Data processing H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 08 May 2006 12:00 | ||||||
Last Modified: | 19 Sep 2016 03:40 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1047 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |