PENANGANAN HIPERTENSI (GAO XUE YA) SINDROM EKSES API HATI DENGAN TERAPI AKUPUNKTUR DAN HERBAL PEGAGAN ( Centella asiatica [L.] Urban ) - KUMIS KUCING ( Orthosiphon stamineus Benth )

TRI NOVITA SARI, NIM010710615A (2010) PENANGANAN HIPERTENSI (GAO XUE YA) SINDROM EKSES API HATI DENGAN TERAPI AKUPUNKTUR DAN HERBAL PEGAGAN ( Centella asiatica [L.] Urban ) - KUMIS KUCING ( Orthosiphon stamineus Benth ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
index.html

Download (11kB)
[img] Text (FULLTEXT)
65.gdlhub-gdl-s1-2012-saritrinov-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hipertensi adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka sistolik dan diastolik pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah. Penderita yang mempunyai sekurang-kurangnya tiga bacaan tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg saat istirahat diperkirakan mempunyai keadaan darah tinggi. Menurut Tradisional Chinese Medicine, Gao Xue Ya (Hipertensi) dibagi menjadi 2, yaitu Xuan Yun (rasa pusing) dan Tou Tong (sakit kepala). Dalam kasus ini pasien hipertensi disebabkan karena sindrom ekses api hati. Metode pengobatan yang digunakan penulis adalah akupunktur pada titik Taichong ( LV 3 ), Fengchi ( GB 20 ), Taixi ( KI 3 ), Jianjing ( GB 21 ), Guanyuan (RN 4),Shenmen (HE 7), Dadu (SP 2) serta pemberian herbal Pegagan (Centella asiatica [L.] Urban) - Kumis kucing (Orthosiphon stamineus Benth) Akupunktur bertujuan untuk melancarkan aliran Qi pada meridian kandung empedu dan hati, menenangkan hati, menekan Yang, mendinginkan panas dan mengurangi api. Pegagan mempunyai kandungan asiatikosida, flavonoid dan fenol mekanisme kerja obat herbal adalah vasodilator (merelaksasi otot polos pembuluh darah). Sedangkan kumis kucing mempunyai kandungan Flavonoid dan orthosipon glikosida yang berefek diuretik (peluruh air seni) sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Hasil dari studi kasus adalah pada awal pemeriksaan tekanan darah pasien 175/120 mmHg setelah di terapi selama 12 kali terapi dan di beri herbal pegagan (Centella asiatica [L.] Urban) - Kumis kucing (Orthosiphon stamineus Benth) tekanan darah menjadi 140/90.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FK.PT.01/12 Sar p
Uncontrolled Keywords: HYPERTENSION; ACUPUNKTUR ; MEDICINAL PLANTS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
TRI NOVITA SARI, NIM010710615ANIM010710615A
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPuspa Erawati, Ir.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 12 Jul 2012 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 18:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10542
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item