PENGARUH MANFAAT PROGRAM NUTRICIA BABY CLUB TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SUSU BAYI MEREK NUTRILON DI SURABAYA

FAIZAH (2006) PENGARUH MANFAAT PROGRAM NUTRICIA BABY CLUB TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SUSU BAYI MEREK NUTRILON DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-faizah-2741-b98_06.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-faizah-2741-b98_06.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penerapan relationship marketing dalam suatu perusahaan dilakukan dengan pembuatan program yang diharapkan mampu membangun hubungan yang mendalam dengan pelanggan sehingga diharapkan pelanggan tetap melakukan transaksi dengan perusahaan, melakukan pembelian kembali produk perusahaan tersebut, dan bahkan menjadi loyal. Begitu pula yang dilakukan oleh pemasar susu bayi merek Nutrilon yang tergabung dalam produk Nutricia. Pihak manajemen mempunyai program relationship marketing yang diberi nama Nutricia Baby Club (NBC). Dalam program pemasaran tersebut setiap pelanggan produk bayi merek Nurtrilon akan dipantau oleh pihak perusahaan mengenai perkembangan bayi setelah mengkonsumsi produk yang tergabung dalam produk Nutricia. Dengan adanya program NBC ini diharapkan hubungan yang terjalin terus menerus dengan pelanggan mampu menciptakan loyalitas pelanggan. Untuk itu perlu diketahui pengaruh relationship marketing melalui manfaat program Nutricia Baby Club (NBC) terhadp loyalitas pelanggan susu bayi merek Nutrilon khususnya di Surabaya. Untuk mengetahui pengaruh manfaat program Nutricia Baby Club (NBC) terhadp loyalitas pelanggan susu bayi merek Nutrilon khususnya di Surabaya, maka digunakanlah alat statistik regresi linier berganda dengan hasil penelitian sebagai berikut: 1.Variabel manfaat program NBC (Nutricia Baby Club) yang terdiri dari manfaat keuangan, sosial dan struktural secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan NBC di Surabaya sebesar 61,1% dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel manfaat keuangan berpengaruh dominan pada loyalitas pelanggan dengan nilai beta sebesar 0,461 yang merupakan nilai beta paling besar diantara nilai beta variabel lainnya. 2.Hipotesis, diterima kebenarannya atas dasar nilai Fhitung yang nilainya lebih besar dari Ftabel , Fhiung sebesar 50,208 dan nilai Fhitung tersebut lebih besar dari nilai Ftabel yaitu sebesar 2,01, sehingga manfaat program Nutricia Baby Club (NBC) yang terdiri dari manfaat keuangan, manfaat sosial, dan manfaat str uktur secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan susu bayi merek Nutrilon di Surabaya, terbukti kebenarannya. Untuk itu diharapkan melalui program Nutricia Baby Club (NBC) perusahaan menambah bonus–bonus atau hadiah pada special event keluarga, meningkatkan acara lomba-lomba untuk balita agar hubungan sosial dengan pelanggan dapat lebih terjalin dengan erat lagi, dan senantiasa memberikan buletin yang berisi informasi seputar kegiatan dan juga perlu disampaikan tentang perkembangan ilmu pengetahuan yang menyangkut tumbuh kembang bayi dan hasil–hasil penemuan terbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 98/06 Fai p
Uncontrolled Keywords: QUALITY OF PRODUCT; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
FAIZAHNIM040023512-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTANTI HANDRIANA, SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 20 Oct 2006 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1056
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item