SARWO EDI, 049715845
(2006)
ANALISIS PERBEDAAN PRODUCT FEATURE ANTARA CELANA JEAN LOKAL MEREK TIRA DENGAN CELANA JEAN GLOBAL MEREK LEA MENURUT PERSEPSI MAHASISWA KAMPUS B UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini tentang komparatif <b>antarab> faktor-faktor yang mempengaruhi <b>persepsib> konsumen terhadap <b><b>celanab>b> <b><b>jeanb>b> <b><b>merekb>b> <b>Tirab> <b>denganb> <b><b>merekb>b> <b>Leab>. Penelitian ini untuk mengatasi <b>persepsib> konsumen yang mengatakan <b><b>merekb>b> <b>globalb> selalu lebih baik dari <b><b>merekb>b> <b>lokalb> itu tidak selalu benar. Karena sudah ada usaha yang dilakukan oleh pemerintah bersama-sama seluruh industri <b>lokalb> mengadakan program meningkatkan mutu produk Dalam Negeri dan di<b>antarab>nya yang dilakukan Menperindag kabinet Gotong-royong Rini M. S. Soewandi pada tanggal 12 Desember 2001 telah mencanangkan Gerakan Cinta Produksi Dalam Negeri <b>denganb> Program Produk Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) (M-Web Finance, 2001: 1). Kondisi perekonomian pada masa krisis mendorong masyarakat mengkonsumsi produk Dalam Negeri dan banyak merubah <b>persepsib> masyarakat secara drastis. Karena berjalannya waktu yang mengubah <b>persepsib> sifat kedinamisan <b>persepsib>. Hal itu dijelaskan dalarn buku Consumer Behavior karangan Schiffman dan Kanuk (2000: 129 – 130) yang menulis: "Human beings are constantly bombarded with stimuli during every minute and every hour of every day. The sensory world is made up of an almost infinite number of discrete sensations that are constantly and subly changing."<br />Produk yang dijadikan obyek adalah <b><b>celanab>b> <b><b>jeanb>b> <b>Tirab> (local brand) yang dibandingkan <b>denganb> <b><b>celanab>b> <b><b>jeanb>b> <b>Leab> (<b>globalb> brand). <b>Denganb> alasan penelitianpenelitian yang sebelumnya selalu menghasilkan <b>perbedaanb> besar pada faktor harga, sehingga peneliti mengambil obyek dua <b><b>merekb>b> yang range harganya hampir sama. Untuk menghilangkan faktor harga, peneliti juga memakai faktor <b>productb> <b>featureb> (pure karakteristik produk), yaitu brand, packaging, labeling, design, color, quality dan warranty (Stanton, 1984, 218-235). <br />Responden yang diambil adalah <b>mahasiswab> <b>kampusb> B Universitas Airlangga yang pernah mengkonsumsi <b><b>celanab>b> <b><b>jeanb>b> <b>Tirab> sekaligus <b><b>celanab>b> <b><b>jeanb>b> <b>Leab> menggunakan purposive sampling <b>denganb> jumlah kuesioner disebar 135 eksemplar, tetapi yang kembali dan valid adalah 120 eksemplar. Teknik analisa yang digunakan adalah uji dua beda paired sample t-test, uji 2 arah <b>denganb> level of significant 95 %. <br />Hasil akhir dari penelitian menyatakan ada 2 faktor yang "tidak ada beda" <b>antarab> <b><b>celanab>b> <b><b>jeanb>b> <b>Tirab> <b>denganb> <b><b>celanab>b> <b><b>jeanb>b> <b>Leab>, yaitu faktor brand dan faktor color . Sedangkan kelima faktor lainnya yaitu packaging, labeling, design, quality dan warranty masih ada beda secara signifikan. Secara keseluruhan faktor yang mempengaruhi <b>persepsib> konsumen pada <b><b>celanab>b> <b><b>jeanb>b> <b>Tirab> dinilai masih dibawah <b><b>celanab>b> <b><b>jeanb>b> <b>Leab>. <br />
Actions (login required)
|
View Item |