Determinan Loyalitas Wisatawan pada Wisata Bahari

Sukaris and Sri Hartini and Dien Mardhiyah (2019) Determinan Loyalitas Wisatawan pada Wisata Bahari. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 3 (4). pp. 524-542. ISSN 2548-298X, eISSN: 2548-5024

[img] Text (Artikel)
Sri Hartini_Karil 17_Diterminan Loyalitas.pdf

Download (659kB)
[img] Text (Peer Review)
Sri Hartini_Peer Review 017.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ejournal.stiesia.ac.id/ekuitas/article/vie...

Abstract

Faktor yang menimbulkan loyalitas wisatawan penting untuk diketahui oleh pengelola layanan tempat wisata, sehingga pengelola harus mampu memberikan nilai tambah bagi wisatawan, seperti menyediakan pengalaman yang berkesan dan menyenangkan bagi wisatawan, pada akhirnya mendorong wisatawan menjadi loyal dengan memberi informasi positif melalui komunikasi dari mulut ke mulut. komunikasi ini dapat menjadikan orang mengunjungi tempat tujuan wisata tersebut tidak hanya memiliki kesadaran merek tetapi dapat ke jenjang loyalitas. Tujuan penelitian ini menyelidiki pengaruh faktor determinan loyalitas wisatawan. Pendekatan penelitian adalah menjelaskan hubungan antar variabel dengan populasi wisatawan yang telah berkunjung, baik yang berada diluar lokasi wisata maupun wisatawan yang sudah atau pernah mengunjungi pada wisata bahari, dengan sampel berjumlah 200 pengunjung. Analisis data menggunakan structural equation modeling dengan program LISREL. Hasil penelitian menunjukkan pengalaman wisatawan setelah berkunjung berpengaruh terhadap nilai yang dirasakan wisatawan, pengalaman wisatawan setelah berkunjung berpengaruh terhadap loyalitas wisatawan dan nilai yang dirasakan wisatawan setelah berkunjung berpengaruh terhadap loyalitas wisatawan pada wisata bahari yang telah dikunjungi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: destinasi wisata, wisatawan, loyalitas, nilai, pengalaman
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SukarisUNSPECIFIED
Sri HartiniNIDN0025106502
Dien MardhiyahUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Sugeng Riyanto
Date Deposited: 21 Apr 2021 13:11
Last Modified: 21 Apr 2021 13:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105849
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item