Rico Anthony Firmansyah (2013) Pengaruh Pemberian Film Sebagai Media Belajar Terhadap Pencapaian Higher Order Thinking Skill Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (998kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (824kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (670kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (796kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2024. Download (757kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2024. Download (833kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2024. Download (793kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2024. Download (666kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (726kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2024. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian film sebagai media belajar terhadap pencapaian Higher Order Thinking Skill pada Mahasiswa Psikologi Universitas Airlangga. Film yang digunakan adalah jenis problematic film yaitu film yang berisi tentang isu-isu atau masalah-masalah sosial, budaya dan sebagainya yang digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir kritis siswa. Higher Order Thinking Skill adalah kumpulan ketrampilan berpikir yang terdiri kemampuan analisis, evaluasi dan mencipta. Manipulasi atau perlakukan eksperimen diberikan kepada mahasiswa kelas Andragogi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dengan total subjek adalah 11. Perlakukan diberikan pada dua pokok bahasan, yaitu Experiential Learning dan Reflective Learning. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes essay yang berisi pertanyaan reflective yang mengacu pada taksonomi Bloom level HOT. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik Independent Sample T-Test dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 20. Uji Independent Sample T-test menghasilkan nilai t sebesar -0,127 dengan p sebesar 0,08 pada Eksperimen 1 pokok bahasan Experiential Learning, dan nilai t sebesar -1,97 dengan p sebesar 0,90 pada Eksperimen 2 pokok bahasan Reflective Learning. Ini berarti tidak ada pengaruh pemberian film sebagai media pembelajaran pada pencapaian Higher Order Thinking Skill di kedua pokok bahasan yang diteliti. Hasil tersebut bertolak belakang pada penelitian-penelitian sebelumnya, ada beberapa analisa menurut peneliti yaitu,(1) metode baru selalu membutuhkan waktu untuk dikembangkan dan digunakan untuk lebih maksimal dan (2) kurang menariknya film yang digunakan selama proses belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK Psi Fir e | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Higher Order Thinking Skill, Film as Learning Media | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Apr 2021 07:32 | ||||||
Last Modified: | 23 Apr 2021 07:32 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106040 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |