Amelia Febriani (2014) Efektivitas Pelatihan Dasar-Dasar Perkembangan Anak untuk Meningkatkan Kemampuan Wali Kelas SD Mawar Sharon dalam Mengenali Karakteristik Perkembangan Siswa. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (764kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (652kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (642kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (608kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (602kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Guru sebagai penentu kualitas pendidikan tentu harus memiliki berbagai kemampuan untuk melaksanakan tugasnya. Kemampuan untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas dilandasi oleh keterampilan dan pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut (Wibowo, 2007). Salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru sebagai pihak yang langsung berhadapan dengan siswa, adalah kemampuan pengenalan karakteristik siswa. Kemampuan pengenalan karakteristik siswa mutlak dimiliki oleh guru terutama oleh wali kelas. Bedasarkan need assesment di SD Mawar Sharon, kemampuan ini masih belum memuaskan. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan dasar-dasar perkembangan anak. Materi pelatihan antara lain: panggilan dan peranan guru, prinsip-prinsip psikologi perkembangan, perkembangan fisik, perkembangan kognitif yang mengacu pada teori J. Piaget, perkembangan psikososial yang mengacu pada teori E. Erikson, dan gaya belajar yang mengacu pada teori Flemming (VARK). Pelatihan diberikan selama 3 hari, dengan metode cooperative learning dan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pelatihan yang diberikan dalam meningkatkan kompetensi wali kelas SD Mawar Sharon. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group pre-test post-test, dengan subyek penelitian sebanyak 21 orang. Data pre-test dan post-test yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan uji beda t-test. Dari hasil analisa data pre-test dan post-test, didapatkan hasil adanya peningkatan yang signifikan dalam dimensi pengetahuan, sikap peduli, dan keterampilan wali kelas. Dengan demikian pelatihan dasar-dasar perkembangan anak efektif meningkatkan kemampuan wali kelas dalam mengenali karakteristik perkembangan siswa.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Homeroom Teacher, Ability, Training, Developmental Psychology | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712-724.85 Developmental Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 29 Apr 2021 07:45 | ||||||
Last Modified: | 05 May 2021 22:09 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106381 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |