Strategi Penanganan Laporan Keluhan Masyarakat ( Studi Deskriptif Tentang Strategi Ombusdman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Timur Dalam Menangani Laporan Keluhan Masyarakat Di Kota Surabaya)

Derry Fajar Pranendra (2016) Strategi Penanganan Laporan Keluhan Masyarakat ( Studi Deskriptif Tentang Strategi Ombusdman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Timur Dalam Menangani Laporan Keluhan Masyarakat Di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (926kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (635kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (799kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf

Download (391kB)
[img] Text (BAB III PENYAJIAN DATA)
6. BAB III PENYAJIAN DATA, ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi ombudsman dalam menangani masalah laporan keluhan masyarakat khusunya di kota Surabaya, strategi adalah pola keputusan di dalam suatu organisasi yang membentuk dan menampilkan tujuan dan sasaran dari organisasi tersebut, ia melahirkan kebijaksanaan dan rencanarencana untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan secru'a purposive, data yang diperoleh merupakan hasil observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan dengan menggabungkan data primer dan sek'Under yang didapat, selanjutnya melakukan pengkatagorian menggunakan tema substantif yang disiapkan, dan menata kembali untuk dilakukan interpretasi serta penarikan kesimpulan. Kemudian validitas data diuji dengan triangulasi data sehingga data yang yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan temuan bahwa Ombusdman RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur dalam menrulgani masalah laporan keluhan masyarakat selain berpedoman pada strategi yang sudah di atur dalam undang-undang Ombusdman, dalam prakteknya juga memiliki strategi khusus yaitu adanya pelatihan sdm, pembagian tugas sdm sesuai dengan bidang yang dikuasai masing-masing dalam menangani setiap laporan yang masuk, mulai dari bidrulg kepolisian, pertanahan, drul lain sebagainya telah di bagi oleh kepala Ombusdman RI Perwakilan Provinsi Jatim , dimana hal tersebut dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat proses penyelesaian masalah laporan yang masuk ke Ombusdman, strategi khusus lain adalah Ombusdman RI Perwakilan Provinsi Jatim juga telah membuat beberapa strategi untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dengan membuat banyak program aplikasi lewat media so sial seperti lewat facebook, aplikasi SIMPEL, dan ASIK yang dibuat untuk mempermudall masyarakat melaporkan keluhan mereka ke Ombusdman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis AN 05-16 Pra s
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pelayanan Publik, Penanganan Keluhan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Derry Fajar PranendraNIM071111077
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRoestoto Hartojo Putro, --
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 29 Apr 2021 16:24
Last Modified: 29 Apr 2021 16:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106398
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item