Fembrianto Tri Widodo (2019) Kesalahan Pengucapan Bunyi Bahasa Pada anak Autis Di Sekolah Autisme Harapan Bunda Surabaya: Kajian Psikolinguistik. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (HALAMAN JUDUL)
1.HALAMAN JUDUL.pdf Download (685kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2.DAFTAR ISI.pdf Download (586kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3.ABSTRAK.pdf Download (504kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4.BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5.BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only Download (920kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III ANALISA DATA)
6.BAB III ANALISIS DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV PENUTUP)
7.BAB IV PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (553kB) |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang kesalahan pengucapan bunyi bahasa pada anak autis di Sekolah Autisme Harapan Bunda Surabaya dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan pengucapan bunyi bahasa kata jadian prefiks terutama kemampuan bahasa fonologisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data diambil dari 30 mediagambar berupa kata jadian prefiks dengan menggunakan teknik partisipasi melalui teknik rekam dan catat pada anak autis. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan pengucapan bunyi bahasa yang dilakukan anak autis tidak dapat dikategorikan sarna karena ketidakmampuan anak autis satu dengan yang yang lainnya berbeda. Perbedaan yang ditemukan yaitu pengujaran fonem-fonem tertentu sedangkan kesamaan yang terdapat pada penelitian ini yaitu pengujaran f onem Irl yang mengalami pelesapan. Dari 30 media gambar berupa kata jadian prefiks yang diberikan, sebagian besar ketidakmampuan yang dilakukan oleh anak autis tidak dapat mengujarkan fonem-fonem tertentu, ketidaksempurnaan dalam mengujarkan awalan, dan mayoritas tidak dapat mengujarkan fonem Ir/. Demikian pula perbendaharaan kosakata yang dimiliki mengalami kekurangan sehingga mengakibatkan pengujaran kata dasar tidak sempurna. Ditinjau dari kajian psikolinguistik, faktor pendukung penyebab anak autis yang diteliti,diklasifikasikan menjadi dua penyebab, yaitu faktor psikologis dan kurangnya melatih diri atau terapi bicara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesalahan pengucapan bunyi bahasa, anak autis, psikolinguistik, fonologis | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325-325.5 Semantics | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Turwulandari | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2021 06:22 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2021 06:22 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106553 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |