Teknik Pembesaran Ikan Bawal Bintang (Trachinotus Blochii) dengan Metode Karamba Jaring Tancap di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya Karawang

M. Agus Yuridani (2016) Teknik Pembesaran Ikan Bawal Bintang (Trachinotus Blochii) dengan Metode Karamba Jaring Tancap di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya Karawang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (705kB)
[img] Text
2. RINGKASAN.pdf

Download (792kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (702kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (654kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (710kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan bawal bintang (Trachinotus blocii) merupakan komoditas prospektif yang dapat dikembangkan dalam usaha budidaya dan mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi di pasar lokal dan ekspor. Salah satu spesies laut yang dapat dibudidaya adalah ikan bawal bintang (Trachinotus blochii). Untuk mencukupi kebutuhan pasar secara kontinyu perlu adanya usaha Budidaya ikan bawal bin tang di Indonesia, terutama tahap pembesarannya masih dilakukan di laut yaitu dengan sistem kerambajaring apung (KJA). Tujuan dilaksanakannya Praktek Kerja Lapang (PKL) ini adalah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dari pengalaman kerja tentang teknik pembesaran ikan bawal bintang (Trachinotus blochii) pada karamba jarring tancap di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang. Mengetahui permasalahan yang timbul pada pembesaran ikan bawal bintang di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang. Mendapatkan informasi lengkap mengenai prospek pembesaran ikan bawal bintang pada karamba jaring tancap di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang. pKL dilaksanakan pada tanggal 18 Januarl 2016 hingga 18 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan adalah metode deskriptif dengan eara melakukan pengamatan langsung, sehingga didapatkan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan eara wawancara, observasi, partisipasi aktif dan studi pustaka. Teknik pembesaran ikan bawal bintang di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang meliputi persiapan tambak, penebaran benih yang berukuran panjang 12 em dan herat tubuh 100-110 gram dengan kepadatan 28 ekor/m3, pemberian pakan tiga kali sehari dengan dosis empat persen dari biomass, sampling, pengukuran parameter kualitas air diantaranya salinitas, kecerahan, pH dan DO dan pemanenan secara parsial ikan bawal bintang yang telah berumur 8 bulan dengan berat 400-500 gramlekor. Masalah yang timbul pada pembesaran ikan bawal bintang di karamba jaring tancap BLUPPB Karawang antara lain pertumbuhan yang tidak seragam, banyaknya penyakit yang menyerang ikan dan sumber air tawar yang tidak sesuai dengan kebutuhan, air tawar yang dibutuhkan yaitu air dengan kandungan salinitas 0 %0, sedangkan yang tersedia di tambak tidak demikian. Prospek usaha pembesaran ikan bawal bintang pada karamba jarring tancap dapat dilihat dari tingginya harga jual yaitu Rp. 80.000,00lkg. Satu siklus budidaya menghasilkan keuntungan sebesar Rp. 18.934.960,00. Titik balik modal setelah usaha berjalan 68 hari serta tercapainya BEP volume produksi sebesar 1073,6 kg. Ikan bawal bintang memiliki lingkup pemasaran yang luas yaitu di dalam dan luar negeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK PKL PK BP 45-17 Yur t
Uncontrolled Keywords: Enlargement, Fish, Business of Cultivating, Trachinotus Blochii
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
M. Agus YuridaniNIM141311133218
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul MananNIDN0017058002
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 04 May 2021 04:57
Last Modified: 04 May 2021 04:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106635
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item