I Gusti Ayu Astrid Sri Kusuma Wardani (2016) Identitas Sosial dalam Komunitas Vespa Gembel. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (759kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (670kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (682kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (882kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (918kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Komunitas merek dapat juga hanya melalui suatu perasaan yang kuat dari para pelanggan. Perasaan ini kemudian dapat memberikan motivasi kepada pelanggan untuk berpartisipasi dalam suatu komunitas merek untuk memperoleh manfaat yang beragam. Manfaat itu sendiri dapat tercipta melalui berbagai macam kegiatan komunitas yang dilakukan untuk menjaga eksistensi komunitas, dan bentuk loyalitas pelanggan terhadap komunitas dan merek tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan proses pembentukan komunitas merek, motivasi keikutsertaan pelanggan dalam komunitas, manfaat yang diperoleh melalui komunitas merek, serta peran penggunaan merek dalam menjaga eksistensi komunitas sebagai bentuk identitas diri pelanggan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif berdasarkan single case study dari Suddaby melalui observasi, dan individual dept interview, dengan jumlah informan sebanyak 12 orang yang tergabung dalam komunitas vespa gembel dan memahami seluk beluknya. Analisis data berdasarkan prosedur yang dikembangkan oleh Gioia dkk. (2010), Nag dan Gioia (2012), serta Strauss dan Corbin (1990). Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya self-categorization, brand associations, dan legitimacy building pada pembentukan komunitas vespa gembel; adanya self-related motivation dan social-related motivation yang menyebabkan adanya motivasi untuk bergabung, manfaat yang diperoleh anggota terdiri dari manfaat fungsional dan manfaat emosional, serta hubungan merek dengan anggota akan semakin erat dengan grooming dan customizing sebagai wujud terbentuknya identitas sosial dalam komunitas ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 25-16 War i | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Social Identity, Brand Community, Brand | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2021 07:40 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2021 07:40 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106677 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |