Identitas Sosial dalam Komunitas Vespa Gembel

I Gusti Ayu Astrid Sri Kusuma Wardani (2016) Identitas Sosial dalam Komunitas Vespa Gembel. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (759kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (682kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (882kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (918kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Komunitas merek dapat juga hanya melalui suatu perasaan yang kuat dari para pelanggan. Perasaan ini kemudian dapat memberikan motivasi kepada pelanggan untuk berpartisipasi dalam suatu komunitas merek untuk memperoleh manfaat yang beragam. Manfaat itu sendiri dapat tercipta melalui berbagai macam kegiatan komunitas yang dilakukan untuk menjaga eksistensi komunitas, dan bentuk loyalitas pelanggan terhadap komunitas dan merek tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan proses pembentukan komunitas merek, motivasi keikutsertaan pelanggan dalam komunitas, manfaat yang diperoleh melalui komunitas merek, serta peran penggunaan merek dalam menjaga eksistensi komunitas sebagai bentuk identitas diri pelanggan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif berdasarkan single case study dari Suddaby melalui observasi, dan individual dept interview, dengan jumlah informan sebanyak 12 orang yang tergabung dalam komunitas vespa gembel dan memahami seluk beluknya. Analisis data berdasarkan prosedur yang dikembangkan oleh Gioia dkk. (2010), Nag dan Gioia (2012), serta Strauss dan Corbin (1990). Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya self-categorization, brand associations, dan legitimacy building pada pembentukan komunitas vespa gembel; adanya self-related motivation dan social-related motivation yang menyebabkan adanya motivasi untuk bergabung, manfaat yang diperoleh anggota terdiri dari manfaat fungsional dan manfaat emosional, serta hubungan merek dengan anggota akan semakin erat dengan grooming dan customizing sebagai wujud terbentuknya identitas sosial dalam komunitas ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 25-16 War i
Uncontrolled Keywords: Social Identity, Brand Community, Brand
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
I Gusti Ayu Astrid Sri Kusuma WardaniNIM041112233
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir SukocoNIDN0021035212
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 04 May 2021 07:40
Last Modified: 04 May 2021 07:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106677
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item