Hubungan Tipe Kepribadian (Big Five Personality) Dengan Intensi Pembelian Secara Online Pada Pengguna Online Shop

Astri Dita Nuriani (2014) Hubungan Tipe Kepribadian (Big Five Personality) Dengan Intensi Pembelian Secara Online Pada Pengguna Online Shop. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (799kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (645kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (648kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (682kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan tipe kepribadian dengan intensi pembelian secara Online pada pengguna Online shop. Intensi pembelian secara Online merupakan pertimbangan subjektif apakah seseorang akan melakukan pembelian secara Online atau tidak. Kepribadian adalah karakteristik seseorang yang menyebabkan munculnya konsistensi perasaan, pemikiran, dan perilaku. Penelitian ini menggunakan pengklasifikasian tipe kepribadian berdasarkan Big Five Personality yaitu Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism, dan Openness To Experience. Penelitian ini dilakukan pada pengguna internet khususnya yang pernah berbelanja Online, dengan sampel sebanyak 339 subyek. Teori intensi pembelian secara Online yang digunakan merupakan translasi dari Wang dkk., (2006) yang terdiri dari 3 aitem; dan untuk tipe kepribadian Big Five Personality menggunakan translasi dari John dan Srivastava (1999) yang terdiri dari 44 aitem. Reliabilitas aitem tersebut telah diujicobakan terlebih dahulu kepada 50 orang pengguna internet dengan menggunakan jejaring sosial sebagai alat bantu penyebaran. Analisis data yang dilakukan dengan teknik Regresi Linear Berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis penelitian diperoleh nilai koefisien determinasi antara tipe kepribadian dengan intensi pembelian secara Online dengan melihat R Square sebesar 0,03. Hal ini menunjukan bahwa 3% variasi dari intensi pembelian secara Online dapat dijelaskan oleh tipe kepribadian. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa tipe kepribadian Openness To Experience memiliki hubungan yang signifikan terhadap intensi pembelian secara Online, sedangkan tipe kepribadian Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness dan Neuroticism tidak memberikan hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensi Pembelian, Online, Tipe Kepribadian, Big Five personality, Extraversion, Agreeableness, Concientiousness, Neuroticism, Openness.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Astri Dita NurianiNIM110911034
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSeger HandoyoNIDN0016026620
Depositing User: Novita
Date Deposited: 04 May 2021 14:50
Last Modified: 04 May 2021 14:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106723
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item