Astri Dita Nuriani (2014) Hubungan Tipe Kepribadian (Big Five Personality) Dengan Intensi Pembelian Secara Online Pada Pengguna Online Shop. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (799kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (645kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (648kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (682kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (664kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan tipe kepribadian dengan intensi pembelian secara Online pada pengguna Online shop. Intensi pembelian secara Online merupakan pertimbangan subjektif apakah seseorang akan melakukan pembelian secara Online atau tidak. Kepribadian adalah karakteristik seseorang yang menyebabkan munculnya konsistensi perasaan, pemikiran, dan perilaku. Penelitian ini menggunakan pengklasifikasian tipe kepribadian berdasarkan Big Five Personality yaitu Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism, dan Openness To Experience. Penelitian ini dilakukan pada pengguna internet khususnya yang pernah berbelanja Online, dengan sampel sebanyak 339 subyek. Teori intensi pembelian secara Online yang digunakan merupakan translasi dari Wang dkk., (2006) yang terdiri dari 3 aitem; dan untuk tipe kepribadian Big Five Personality menggunakan translasi dari John dan Srivastava (1999) yang terdiri dari 44 aitem. Reliabilitas aitem tersebut telah diujicobakan terlebih dahulu kepada 50 orang pengguna internet dengan menggunakan jejaring sosial sebagai alat bantu penyebaran. Analisis data yang dilakukan dengan teknik Regresi Linear Berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis penelitian diperoleh nilai koefisien determinasi antara tipe kepribadian dengan intensi pembelian secara Online dengan melihat R Square sebesar 0,03. Hal ini menunjukan bahwa 3% variasi dari intensi pembelian secara Online dapat dijelaskan oleh tipe kepribadian. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa tipe kepribadian Openness To Experience memiliki hubungan yang signifikan terhadap intensi pembelian secara Online, sedangkan tipe kepribadian Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness dan Neuroticism tidak memberikan hubungan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensi Pembelian, Online, Tipe Kepribadian, Big Five personality, Extraversion, Agreeableness, Concientiousness, Neuroticism, Openness. | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Novita | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2021 14:50 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2021 14:50 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106723 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |