Pengaruh Big Five Personality Dan Self Construal Terhadap Impulsive Buying Pada Konsumen E-Commerce

Pragiwaka Manggala Adji Masnur Alif (2020) Pengaruh Big Five Personality Dan Self Construal Terhadap Impulsive Buying Pada Konsumen E-Commerce. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (655kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (632kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (274kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 June 2024.

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV PEMBAHASAN DAN ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 8 June 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 June 2024.

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 June 2024.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
[SUR PUB] PRAGIWAKA MANGGALA ADJI MASNUR ALIF 111611133201 - pragiwaka manggala.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh big five personality dan self construal terhadap impulsive buying pada konsumen e-commerce secara parsial maupun simultan. Impulsive buying merupakan kecenderungan konsumen untuk membeli secara spontan, tidak reflektif, segera, dan kinetik (Rook & Fisher, 1995). Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya impulsive buying, salah satunya adalah faktor psikologis (big five personality) dan faktor budaya (self construal). Peneliti menggunakan alat ukur buying impulsiveness scale (Rook, 1987) untuk mengukur variabel impulsive buying. Kemudian untuk variabel big five personality penulis menggunakan alat ukur big five inventory (BFI) (John, 1990) yang telah diadaptasikan ke dalam bahasa Indonesia oleh (Ramdhani, 2012). Sedangkan untuk variabel self construal, peneliti menggunakan alat ukur self construal scale oleh (Singelis, 1994). Sampel penelitian merupakan warga negara Indonesia yang pernah melakukan pembelian online melalui situs e-commerce dalam rentang waktu satu tahun terakhir. Jumlah subjek yang terkumpul adalah 479 sampel dengan menggunakan teknik convenience sampling. Analisis data menggunakan multiple linear regression. Hasil pada penelitian ini big five personality dan self construal berpengaruh secara simultan terhadap impulsive buying. Namun secara parsial dimensi yang berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying adalah extraversion dan neuroticism. Sedangkan dimensi interdependent dan independent self construal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.113/21 Ali p
Uncontrolled Keywords: impulsive buying, big five personality, self construal, e-commerce.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Pragiwaka Manggala Adji Masnur AlifNIM111611133201
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi SyarifahNIDN0029098011
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Jun 2021 08:07
Last Modified: 27 Jul 2021 10:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/107604
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item