Daka Tegar Priambodho (2020) Analisis Complaint Handling Dalam Penanganan Keluhan Tenaga Kerja Indonesia (Tki) (Studi Kualitatif Deskriptif Di Unit Pelaksana Teknik Pelayanan, Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (Upt-P3tki) Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (235kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only until 9 June 2024. Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III PENYAJIAN DATA)
6. BAB III PENYAJIAN DATA.pdf Restricted to Registered users only until 9 June 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN)
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 9 June 2024. Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 9 June 2024. Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
KKB KK-2 Fis.AN.25-21KETERSEDIAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH - Daka Tegar Priambodho.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis complaint handling dalam pelayanan publik, khususnya dalam penanganan keluhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Unit Pelaksana Teknik Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (UPT P3TKI) Jawa Timur. Secara spesifik penelitian ini berupaya menjelaskan penanganan pengaduan yang ada di dalam Sistem Informasi Pelayanan Terpadu Pekerja Migran Indonesia (Sim-PADU). Sim- PADU merupakan layanan berbasis online yang dapat diakses melalui web dan handphone yang meliputi Info lowongan kerja luar negeri, Daftar jadi TKI, syarat menjadi TKI, Konsultasi, Asuransi, Laporan TKI, Pengaduan. Dalam penelitian ini layanan yang akan dikaji adalah pengaduan atau complaint handling yang meliputi aspek-aspek mekanisme adalah alur atau prosedur yang jelas dalam menangani pengaduan , infrastruktur adalah fasilitas sarana dan prasarana yng memadai dalam mendukung pelaksanaan pengaduan , attitude adalah sikap petugas dalam melayani pengaduan, speed adalah kecepatan pelayanan dalam menangani pengaduan, fairness adalah keadilan penanganan pengaduan pelayanan dengan berlandaskan dasar hokum yang telah di tetapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Data didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, interpretasi, dan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Kemudian validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa complaint handling dalam Penanganan Keluhan Tenaga Kerja Indonesia di UPT P3TKI Jawa Timur: (1).Mekanisme yang sesuai dengan alur yang jelas sesuai dengan SOP dalam penanganan pengaduan ini. (2).Insfratruktur dalam memberikan pelayanan pengaduan sudah lengkap meliputi telfon, tempat mediasi, web pengaduan, aplikasi pengaduan, dan telfon hal ini sangat mencukupi sarana dan prasarana. (3).Attitude petugas yang sigap dan ramah dalam melayani pengaduan yang masuk. (4).Speed dalam penanganan pengaduan ini akan cepat selesai apabila persyaratan sudah terpenuhi oleh pelapor dan sesuai dengan SOP yang berlaku akan di selesaikan paling lama 3 hari. (5).Fairness dalam penanganan pengaduan petugas berlandaskan dasar hukum untuk mendapatkan keadilan dalam penyelesaian pengaduan yaitu mendukung TKI dalam memperjangkan hak nya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis. AN.25-21 Pri a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | TKI, Complaint Handling, Sim-PADU | ||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1700-1973 Social legislation > K1960-1973 Public welfare. Public assistance K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3661-3674 Public safety |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2021 13:40 | ||||||
Last Modified: | 09 Jun 2021 13:40 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/107678 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |