Strategi Marketing Politik Politisi Nahdlatul Ulama (Nu) Dalam Kontestasi Pemilu Legislatif 2019 Di Surabaya

Emi Rufaidah (2021) Strategi Marketing Politik Politisi Nahdlatul Ulama (Nu) Dalam Kontestasi Pemilu Legislatif 2019 Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (473kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2024.

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2024.

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2024.

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2024.

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2024.

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian skripsi ini membahas tentang penggunaan strategi marketing politik yang kian berperan penting dalam menghantarkan kandidat menduduki kursi kepemimpinan. Peneliti menggunakan studi marketing politik dalam upaya memenangkan politisi NU merebut kursi DPRD Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data, baik dengan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan juga dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari studi penelitian ini menjelaskan bahwa politisi NU yang maju dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2019 di Surabaya menggunakan strategi marketing politik untuk menghimpun dukungan suara dari rakyat. Strategi yang digunakan diantaranya ialah bauran 4P mix, strategi segmentation, targetization, dan positioning. Diperlukan proses membagi segmen masyarakat yang dilanjutkan pada pemilihan target suara untuk selanjutnya difinalisasi oleh penentuan positioning yang tepat. Strategi tersebut bertujuan untuk memudahkan dalam menganalisa dinamika masyarakat, penerapan strategi pada kelompok-kelompok masyarakat, memformulasikan program kerja, serta menganalisa kekuatan dan potensi suara yang diperoleh. Meskipun tergolong dalam jaringan non-partai, namun kekuatan yang dimiliki oleh NU mampu menghimpun seluruh anggotanya untuk menyatukan dukungan suara semaksimal mungkin. Politisi NU memanfaatkan adanya dukungan yang diberikan guna mempertahankan dan juga memenangkan kontestasi pemilu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P. 44/21 Fai s
Uncontrolled Keywords: Politikus NU, marketing politik, pemilihan legislative
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Emi RufaidahNIM071711333028
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKacung, -NIDN0025036403
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 10 Aug 2021 01:10
Last Modified: 10 Aug 2021 01:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/109226
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item