Pemburu “LIKE” : Efek Narsisme dan Kebutuhan Rekognisi pada Pengguna Instagram

Rahkman Ardi (2018) Pemburu “LIKE” : Efek Narsisme dan Kebutuhan Rekognisi pada Pengguna Instagram. Ecopsy, 5 (3). pp. 138-148. ISSN 2460-8467

[img] Text (FULL TEXT)
Pemburu LIKE Efek Narsisme dan Kebutuhan Rekognisi pada Pengguna Instagram.pdf

Download (121kB)
[img] Text (PEER REVIEW)
peer review_Pemburu LIKE Efek Narsisme dan Kebutuhan Rekognisi pada Pengguna Instagram.pdf

Download (2MB)
[img] Text (SIMILARITY)
Turnitin_Pemburu LIKE Efek Narsisme dan Kebutuhan Rekognisi pada Pengguna Instagram.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Kesesuaian Bidang Ilmu)
Pemburu LIKE Efek Narsisme dan Kebutuhan Rekognisi pada Pengguna Instagram.pdf

Download (196kB)
Official URL: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/ar...

Abstract

Mendapatkan “like” merupakan bentuk apresiasi yang menggambarkan kata pujian. Hal ini dapat menimbulkan perasaan senang bagi pengguna Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh setiap dimensi dari narsisme dan kebutuhan rekognisi terhadap setiap dimensi dari perilaku pencarian “like” pada pengguna Instagram. Metode yang digunakan yaitu metode survei melalui pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan skala Perilaku Pencarian “Like”, skala Narq-s , dan skala kebutuhan rekognisi. Penelitian ini melibatkan 357 pengguna aktif Instagram di Surabaya melalui teknik non-probability sampling dan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan path analysis dengan pendekatan SEM (Structural Equation Model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat signifikansi positif dimensi kebutuhan untuk diperhatikan dan mendapatkan rekognisi secara aktif dengan strategi manajemen kesan pada perilaku pencarian “like”, serta terdapat signifikansi positif dimensi mendapatkan rekognisi secara aktif dengan strategi ekspansi sosial pada perilaku pencarian “like”.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategi manajemen kesan, kebutuhan diperhatikan, rekognisi aktif, ekspansi sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Sosial
Creators:
CreatorsNIM
Rahkman ArdiNIDN0019058201
Depositing User: Tn Nur Qomari
Date Deposited: 28 Sep 2021 08:15
Last Modified: 21 Oct 2022 14:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/110691
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item