Hubungan Karakteristik Santriwati, Tingkat Pengetahuan, Personal Hygiene, Dan Keluhan Santriwati Terhadap Keberadaan Pediculus Humanus Var. Capitis (Penelitian Di Pondok Pesantren PPAI An·Nahdliyah, Kabnpaten Malang)

Regina Rachmayanti Hapsari, '- (2020) Hubungan Karakteristik Santriwati, Tingkat Pengetahuan, Personal Hygiene, Dan Keluhan Santriwati Terhadap Keberadaan Pediculus Humanus Var. Capitis (Penelitian Di Pondok Pesantren PPAI An·Nahdliyah, Kabnpaten Malang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1 HALAMAN DEPAN .pdf

Download (828kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2 ABSTRACT.pdf

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5 BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III KERANGKA KONSEPTUAL)
6 BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV METODE PENELITIAN)
7 BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN)
8 BAB V HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI PEMBAHASAN)
9 BAB VI PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN)
10 BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (KESEDIAAN PUBLIKASI)
KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Asrama pondok pesantren memiliki kepadatan penghuni yang cukup tinggi, hal ini mengakibatkan pondok pesantren berpotensi tinggi dalam penularan penyakit Pediculosis. Semua kelompok usia dapat menderita penyakit ini, namun kelompok usia anak-anak lebih rentan mengalami kondisi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara tingkat pengetahuan, personal hygiene, dan karakteristik santri putri terhadap keberadaan kutu jenis Pediculus humanus var. capitis di Pondok Pesantren PPAI An-Nahdliyah, Kabupaten Malang. Metode penelitian pada penelitian kali ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian observasional analitik serta desain penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 santri putri yang tinggal di asrama pondok pesantren, diambil secara acak menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner, observasi, dan tes laboratorium. Penentuan jenis spesies kutu dilakukan di Laboratorium Parasitologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga. Penelitian ini telah dinyatakan memenuhi kelayakan etik dari Komisi Etik Penelitian Kesehatan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga dengan nomor sertfikat 161/ HRECC.FODM/ IV/ 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah jumlah sampel (31 responden) mengalami infestasi P. humanus var. capitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat adanya hubungan antara tingkat pendidikan (p = 0,393), pengetahuan (p = 0,055), lama tinggal (p = 0,181), dan bentuk rambut (p = 0,464) terhadap keberadaan P. humanus var. capitis. Sebaliknya, terdapat hubungan antara personal hygiene (p = 0,001), umur (p = 0,035), dan panjang rambut (p = 0,021) terhadap keberadaan P. humanus var. capitis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah personal hygiene, umur, dan panjang rambut memiliki hubungan terhadap keberadaan P. humanus var. capitis. Santriwati yang mengalami infestasi P. humanus var. capitis menderita rasa gatal pada kulit kepala mereka serta iritasi kulit kepala. Sebaiknya disarankan untuk meningkatkan personal hygiene santriwati dengan cara rutin keramas tiga kali seminggu menggunakan shampoo dan air mengalir, serta menggunakan alas tidur pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.188/20 Hap p
Uncontrolled Keywords: Tingkat pengetahuan, personal hygiene, karakteristik individu, pondok pesantren, Pediculus humanus var. capitis
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Regina Rachmayanti Hapsari, '-NIM101511133047
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJ. Mukono, '-NIDN8892760018
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:53
Last Modified: 29 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/111844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item