Gambaran Pendidikan Seksual Orang Tua pada Kanak-Kanak Akhir di Era Digital

Nur Aini Arianti, '- (2021) Gambaran Pendidikan Seksual Orang Tua pada Kanak-Kanak Akhir di Era Digital. Artikel Ilmiah thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Gambaran Pendidikan Seksual Orang Tua pada Kanak-kanak Akhir di Era Digital.pdf

Download (285kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana gambaran pendidikan seksual oleh orang tua pada kanak-kanak akhir di era digital. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe penelitian studi kasus instrinsik. Penelitian ini menggunakan tiga partisipan orang tua yang memiliki anak dengan rentang usia 10-12 tahun. Dalam pemilihan partisipan menggunakan teknik purposive sampling. Proses pengambilan data menggunakan wawancara dengan analisa tematik data driven. Teknik pemantapan kredibilitas menggunakan member checking. Hasil penelitian menunjukkan penentuan materi pendidikan seksual dipengaruhi oleh usia dan perkembangan seksual anak, fenomena lingkungan pergaulan, dan media. Cara penyampaian pendidikan seksual di era digital berbasis media teknologi seperti media webinar, video, website pendidikan seksual, dan media berita, serta berbasis komunikasi langsung. Pemberian pendidikan seksual dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal orang tua. Dari ketiga partisipan terdapat perbedaan faktor internal yang mendasari seperti faktor pengalaman diri dan faktor persepsi kemampuan diri dalam memberikan pendidikan seksual.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: pendidikan seksual, orang tua, kanak-kanak akhir, era digital
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Nur Aini Arianti, '-111511133055
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRudi Cahyono, ;-0010098104
Depositing User: Nur Aini Arianti
Date Deposited: 31 Jan 2022 05:50
Last Modified: 31 Jan 2022 05:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/113342
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item