Meningkatkan Akses Masyarakat ke Layanan Jasa Keuangan

Rudi Purwono, Dr (2021) Meningkatkan Akses Masyarakat ke Layanan Jasa Keuangan. In: Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing (Pemikiran 100 Ekonom Indonesia). INDEF Jakarta, Jakarta, Indonesia, pp. 736-742. ISBN 978-623-6999-05-9

[img] Text (Artikel)
Rudi P_ Artikel701_Meningkatkan Akses.pdf

Download (368kB)
[img] Text (Peer Review)
Rudi Purwono_Peer Review701.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keuangan inklusif memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi dan mendorong pertumbuhan yang inklusif, melalui peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengakses layanan jasa keuangan yang aman dan produktif. Yoshino dan Morgan (2017) mendefinisikan keuangan inklusif sebagai proporsi individu dan perusahaan yang menggunakan jasa keuangan. Sementara itu, Asian Development Bank (2015) mendefinisikannya sebagai akses siap pakai untuk rumah tangga dan perusahaan ke layanan keuangan dengan harga terjangkau. Keuangan inklusif yang lebih besar dapat membantu mengurangi ketimpangan pendapatan dengan meningkatkan pendapatan batas termiskin (Beck, Demirguc-Kunt & Levine, 2007). Hal ini juga dapat berpengaruh pada stabilitas keuangan dengan meningkatkan keragaman aset bank, sehingga dapat mengurangi risiko serta meningkatkan pendanaan yang stabil dari tabungan (Khan, 2011; Morgan & Pontines, 2014). Akses keuangan yang lebih besar juga dapat membantu Pemerintah beralih dari subsidi yang boros ke program transfer tunai, dan transparansi yang lebih besar terkait dengan transfer dana elektronik yang dapat membantu mengurangi korupsi. Mengingat pentingnya keterjangkauan akses keuangan tersebut, pasca krisis global tahun 2008 peran keuangan inklusif menjadi perhatian tersendiri. Tindak lanjut dari hal tersebut tampak pada tahun 2010 ketika pemimpin dari kelompok negara G-20 menyetujui rencana tindakan keuangan inklusif dan membentuk kemitraan global untuk keuangan inklusif dengan mempromosikan akses keuangan.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Akses Masyarakat, Layanan, Jasa Keuangan
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
Rudi Purwono, DrUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Sugeng Riyanto
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:16
Last Modified: 04 Mar 2022 02:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/113939
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item