Training Komunikasi Interpersonal Dengan Model Of Structural Reflection (MSR) Terhadap Persepsi Keluarga Klien Tentang Empati Di Intensive Cardiac Care Unit (ICCU)

Leni Agustin, - and Kusnanto, - and Sulistiawati, - (2017) Training Komunikasi Interpersonal Dengan Model Of Structural Reflection (MSR) Terhadap Persepsi Keluarga Klien Tentang Empati Di Intensive Cardiac Care Unit (ICCU). Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 8 (4). pp. 166-171. ISSN 2502-7778

[img] Text (Peer Review)
Peer Review dr Sulis 25.pdf

Download (169kB)
[img] Text (Artikel)
25. Training Komunikasi Interpersonal.pdf

Download (376kB)
[img] Text (Similarity)
25. Similarity.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Ethical Clearance)
Etik Training Komunikasi.pdf

Download (306kB)
Official URL: https://forikes-ejournal.com/index.php/SF/article/...

Abstract

Melalui kemampuan berempati, perawat dapat menurunkan stereotip dan memberikan evaluasi positif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh training komunikasi interpersonal dengan Model of Structural Reflection (MSR) terhadap persepsi keluarga klien di ruang ICCU tentang empati perawat, menggunakan desain pre and post test with control group. Sampel penelitian terdiri atas keluarga klien kelompok perlakuan di ruang ICCU dengan jumlah responden masingmasing kelompok kontrol dan perlakuan sebanyak 48 keluarga klien. Alat ukur menggunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan uji Man-Whitney dan uji regresi multinomial berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa training komunikasi interpersonal MSR berpengaruh terhadap persepsi keluarga klien dengan peningkatan persepsi keluarga klien pada kelompok perlakuan dibanding kelompok kontrol sebesar 0,01. Training komunikasi interpersonal efektif dilaksanakan dengan menggunakan metode MSR, karena dengan komunikasi interpersonal yang efektif dapat memberikan dampak meningkatkan kualitas hubungan yang saling memuaskan, adanya pengertian dan empati.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Training, Komunikasi interpersonal, Model of Structural Reflection (MSR), Persepsi, Empati
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Leni Agustin, -UNSPECIFIED
Kusnanto, -NIDN0029086803
Sulistiawati, -NIDN0028026503
Depositing User: arys fk
Date Deposited: 13 Mar 2022 15:54
Last Modified: 03 Jan 2024 06:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114083
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item