PEMBEBASAN HAK ATAS TANAH UNTUK KEPENTINGAN SWASTA DI KOTAMADYA SURABAYA (SUATU TINJAUAN YURIDIS DARI ASPEK PEMBERIAN GANTI RUGI)

ANDRIATI, ROSITA, NIM. 038712594 (2013) PEMBEBASAN HAK ATAS TANAH UNTUK KEPENTINGAN SWASTA DI KOTAMADYA SURABAYA (SUATU TINJAUAN YURIDIS DARI ASPEK PEMBERIAN GANTI RUGI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-andriatiro-28940-5.abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 Per.1644_92 And p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persoalan tentang pembebasan tanah terutama dalam kaitannya dengan pelaksanaan pembangunan industri, kebanyakan terjadi di kota besar, seperti di Surabaya. Persoalan tersebut tidak dapat lepas dari masalah ganti rugi yang oleh masyarakat diharapkan terlaksana adil. Namun, dalam kenyataannya ganti rugi tersebut dinilai tidak adil dan tidak layak, sedangkan di pihak lain terbentur pada tersedianya jumlah anggaran yang terbatas. Di samping itu, pelaksanaan musyawarah oleh masyarakat juga dirasakan tidak adil, sebab adanya keputusan sepihak dari pihak yang memerlukan tanah dalam menentukan bentuknya maupun besarnya ganti rugi. Padahal seharusnya musyawarah tersebut harus dilaksanakan secara mufakat, yaitu adanya persetujuan kedua belah pihak. Sementara itu, tujuan pembebasan hak atas tanah untuk kepentingan umum dirasakan masih kabur, sehingga timbul penafsiran yang berbeda-beda dan mengakibatkan banyak yang menyalah-gunakan pengertian tersebut, khususnya para spekulan tanah. Bahkan penggunaan tanah yang telah dibebaskan kadangkala tidak sesuai dengan tujuan pembebasan tanah semula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Per.1644/92 And p
Uncontrolled Keywords: LAND USE-LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
ANDRIATI, ROSITA, NIM. 038712594UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoedalhar,, S.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 15 Jul 2013 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 08:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11430
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item