Hybrid Crow Search Algorithm (CSA) Dengan Simulated Annealing (SA) Untuk Menyelesaikan Vehicle Routing Problem With Time Windows (VRPTW)

Bella Pristianisa Subari (2020) Hybrid Crow Search Algorithm (CSA) Dengan Simulated Annealing (SA) Untuk Menyelesaikan Vehicle Routing Problem With Time Windows (VRPTW). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (655kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 2023.

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2023.

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2023.

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2023.

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2023.

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
11. PERNYATAAN EMBARGO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) dengan menggunakan Hybrid Crow Search Algorithm (CSA) dengan Simulated Annealing (SA). Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) merupakan suatu permasalahan penentuan rute kendaraan yang digunakan untuk melayani pelanggan yang melibatkan lebih dari satu kendaraan dengan batasan waktu, sehingga diperoleh rute dengan jarak minimum dengan kendala kapasitas muatan kendaraan dan time windows. CSA masih terdapat kemungkinan munculnya optimal lokal. Maka dari itu dilakukan hybrid dengan SA agar dapat melepaskan diri dari optimal lokal dengan harapan dapat menghasilkan solusi yang lebih baik. Hybrid CSA dengan SA adalah gabungan dari kedua algoritma dengan cara melakukan proses CSA kemudian hasil terburuknya diperbaiki dengan proses SA untuk sepuluh iterasi pertama. Proses algoritma ini dimulai dengan inisialisasi parameter, membangkitkan posisi dan memori awal, menghitung fungsi tujuan, memperbarui posisi gagak, menghitung fungsi tujuan posisi baru gagak, update memori gagak, menentukan solusi terburuk dari posisi gagak kemudian dilakukan modifikasi, hasil modifikasi dengan SA menggantikan solusi terburuk pada posisi gagak, proses berlanjut sampai maksimal iterasi dipenuhi dan menentukan solusi terbaik dari memori gagak. Program Hybrid CSA dengan SA untuk menyelesaikan VRPTW dibuat dalam bahasa pemrograman C++ yang diimplementasikan pada tiga contoh kasus yaitu data kecil dengan 25 pelanggan, data sedang dengan 50 pelanggan, dan data besar dengan 100 pelanggan. Dari hasil running program diperoleh solusi terbaik dari 25 pelanggan, 50 pelanggan, dan 100 pelanggan yaitu dengan jarak 517, 1526, 3389 satuan jarak. Berdasarkan hasil implementasi dapat disimpulkan bahwa semakin banyak jumlah iterasi dan jumlah gagak maka nilai fungsi tujuan yang diperoleh cenderung semakin baik, sedangkan nilai probabilitas kewaspadaan (AP) tidak memberikan pengaruh pada solusi permasalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.34-20 Bel h
Uncontrolled Keywords: Crow Search Algorithm (CSA), Simulated Annealing (SA), Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
Bella Pristianisa SubariNIM081611233038
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAsri Bekti PratiwiNIDN0022128303
Thesis advisorHerry SuprajitnoNIDN0004046803
Depositing User: Novita
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:36
Last Modified: 23 Mar 2022 03:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114334
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item