Efektivitas Model Pengambangan Kompetensi Diri Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa Universitas Airlangga

Hamidah, - and Atika Dian, - and Triana Kusuma, - (2006) Efektivitas Model Pengambangan Kompetensi Diri Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa Universitas Airlangga. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
2022_03_25_13_34_28.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah model pengcmbangan kompetensi diri efektif untuk meningkatkan social skill mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta bahwa lulusan Universitas Airlangga kesulitan unluk mendapalkan pekcrjaan pertama. Ironisnya ini bukan disebabkan oleh rendahnya Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), melainkan oleh fakt~r lain seperti rendahnya rasa percaya diri, kurangnya kemampuan komunikasi efektif serta kurangnya kemampuan alumni dalam meJihat potcnsi dan peluang yang ada. Hal ini mel11buat l11ercka lemah dalam l11anajemen diri yang seringkali tal11pak sebagai kekurangan dalam soft ski/J. khususnya social skill. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen treatments by subjects designs untuk melihat apakah modcl pengembangan kompetensi diri cfektifuntuk meningkatkan social skill mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Sampel penelitian adalah 18 mahasiswa Universitas Airlangga yang duduk di semester 6 - 8. Metode pengumpulan data menggunakan skala Iikert untuk melihat skor social skill-nya. Semakin tinggi skor subyek penelitian berarti semakin tinggi pula ketrampilan sosial yang dimiliki; demikian sebaliknya. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menggunakan teknik statistik paired samples I-test didapatkan nilai t sebesar 2,374 (t hitung > t tabel) dengan signifikansi 0,030 (signifikansi < 0.050). Dengan demikian hipotesis penelitian diterima sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model pengembangan kompetensi diri efektif untuk meningkatkan social skill mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP.136/08 Ham e
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Model Pengambangan Kompetensi Diri Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa Universitas Airlangga
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
Hamidah, -NIDN0024076403
Atika Dian, -UNSPECIFIED
Triana Kusuma, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIED-, -UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 04 Apr 2022 05:16
Last Modified: 04 Apr 2022 05:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114487
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item