Relasi Antara Wacana Seksualitas Dan Kekuasaan: Analisis Struktural Dinamik Pada Novel "Saman" Dan "Larung" Karya Ayu Utami

Maimunah, - and Lina Puryanti, - (2003) Relasi Antara Wacana Seksualitas Dan Kekuasaan: Analisis Struktural Dinamik Pada Novel "Saman" Dan "Larung" Karya Ayu Utami. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB 899 221 3 Mai r.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

seksualitas dan kekuasaan tidaklah menindas dan represif sebagaimana yang dipahami selama ini. Ia justru produktif dan menghasilkan banyak pengetahuan (savoir) barn selfmg dengan ragam seksualitas yang semakin variatif. Tokoh-tokoh utama yang direpresentasikan dalam karya Ayu Utami memperlihatkan perayaan mereka pada wacana seksualitas yang dialogis walaupun untuk itu mereka terlibat dalam bentuk dan ragam seksualitas yang 'tidak lazim' dalam pandangan umum. Hal ini juga bisa dimaknai sebagai strategi yang mereka tebar dalam mensiasati konstruksi budaya dominan sekaligus pada saat yang sarna sebagai perayaan pada otonomi tubuh. Pengarang menghadirkan wacana seksualitas khllsllsnya seksllalitas perempuan dalam upayanya meraih hak yang otonom dengan laki-laki. Seksualitas dengan demikian tidak bebas nilai dan kepentingan. Ia akan selalu interpretatif seiring dengan perkembangan budaya masyarakat yang menghidupinya.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 899.221 3 Mai r.
Uncontrolled Keywords: Fiction, Novel, Literature
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Q Science > QH Natural history > QH1-278.5 Natural history (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Maimunah, --
Lina Puryanti, --
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:16
Last Modified: 05 Apr 2022 01:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item