Herdina Indrijati, -
(2006)
Efektifitas Penerapan Metode Modifikasi Perilaku "Token Economies" Untuk Meningkatkan Iklim Belajar Yang D1namis Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas.
Laporan Penelitian.
Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Airlangga.
(Unpublished)
Abstract
Mendiskusikan wac ana pendidikan, sejak dahulu hingga saat ini selalu dijumpai
beberapa kesenjangan persepsi dan harapan antara guru dan muridnya. Guru
m~mpunyai harapan bahwa murid-muridnya seharusnya dapat berperilaku dcngan
baik dan dapat berprestasi lebih tinggi. Murid. di lain pihak membutuhkan.
mengharapkan pcrhatian dan dorongan dari gurunya agar termotivasi untuk bclajar
dan meraih prestasi yang optimal. Murid-murid scringkali menuntut gurunya agar
dapat mengajar dengan baik dan menarik sehingga memudahkan murid untuk
memahami palajaran yang disampaikan. Sedangkan metode yang menarik diharapkan
akan memotivasi murid untuk mcmahami pclajaran dengan lebih baik lagi. Supaya
terjadi transfer pcngetahuan dan proses bclajar mcngajar yang baik perlu diciptakall
suatu iklim bclajar mcngajar yang sehat dan dinamis antara pendidik dan siswanya.
Dimana kondisi atau iklim tersebut dapat terwujud apabila kedua belah pihak yaitu
murid dan guru dapat terlibat secara aktif didalamnya. Situasi kelas seperti ini dapat
diwujudkan, salah satunya dengan menerapkan manajemen kelas yang tepat. Selama
ini dikelas-kelas terutama pada "budaya" pcndidikan di Indonesia hanya
menggunakan manajemen kelas yang relatif konvensional dan kurang menarik
perhatian siswa-siswallya. Dimana proses transfer pclajaran hanya berjalan satu arah
(teacher oriented) dan tidak menyenangkan sehingga siswapun kurang berpartisipasi
dalam kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan. Mcreka eendcrung sebagai
pend en gar pasif. kurang bersemangat, kurang partisipatif, hanya menjawab jika
ditunjuk, dan perilaku lain yang kurang mcndukung keefektifan belajar. Jika hal ini
erus menerus terjadi maka bukan hal yang tidak mungkin terjadi jika tujuan
pendidikan yang dicanangkan tidak bisa dicapai.
Actions (login required)
|
View Item |