Efektifitas Penerapan Metode Modifikasi Perilaku "Token Economies" Untuk Meningkatkan Iklim Belajar Yang D1namis Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas

Herdina Indrijati, - (2006) Efektifitas Penerapan Metode Modifikasi Perilaku "Token Economies" Untuk Meningkatkan Iklim Belajar Yang D1namis Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text
2022_03_25_14_08_08.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Mendiskusikan wac ana pendidikan, sejak dahulu hingga saat ini selalu dijumpai beberapa kesenjangan persepsi dan harapan antara guru dan muridnya. Guru m~mpunyai harapan bahwa murid-muridnya seharusnya dapat berperilaku dcngan baik dan dapat berprestasi lebih tinggi. Murid. di lain pihak membutuhkan. mengharapkan pcrhatian dan dorongan dari gurunya agar termotivasi untuk bclajar dan meraih prestasi yang optimal. Murid-murid scringkali menuntut gurunya agar dapat mengajar dengan baik dan menarik sehingga memudahkan murid untuk memahami palajaran yang disampaikan. Sedangkan metode yang menarik diharapkan akan memotivasi murid untuk mcmahami pclajaran dengan lebih baik lagi. Supaya terjadi transfer pcngetahuan dan proses bclajar mcngajar yang baik perlu diciptakall suatu iklim bclajar mcngajar yang sehat dan dinamis antara pendidik dan siswanya. Dimana kondisi atau iklim tersebut dapat terwujud apabila kedua belah pihak yaitu murid dan guru dapat terlibat secara aktif didalamnya. Situasi kelas seperti ini dapat diwujudkan, salah satunya dengan menerapkan manajemen kelas yang tepat. Selama ini dikelas-kelas terutama pada "budaya" pcndidikan di Indonesia hanya menggunakan manajemen kelas yang relatif konvensional dan kurang menarik perhatian siswa-siswallya. Dimana proses transfer pclajaran hanya berjalan satu arah (teacher oriented) dan tidak menyenangkan sehingga siswapun kurang berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan. Mcreka eendcrung sebagai pend en gar pasif. kurang bersemangat, kurang partisipatif, hanya menjawab jika ditunjuk, dan perilaku lain yang kurang mcndukung keefektifan belajar. Jika hal ini erus menerus terjadi maka bukan hal yang tidak mungkin terjadi jika tujuan pendidikan yang dicanangkan tidak bisa dicapai.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP.139/08 Ind e
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Penerapan Metode Modifikasi Perilaku "Token Economies" Untuk Meningkatkan Iklim Belajar Yang D1namis Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Herdina Indrijati, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIED-, -UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:13
Last Modified: 04 Apr 2022 07:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114513
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item