Rational Choice Theory Dalam Skema Investasi Saham Pertambangan Mineral Dan Batu Bara Berdasarkan Prinsip Perlindungan Kepentingan Nasional

WIDHAYANI DIAN PAWESTRI, - (2018) Rational Choice Theory Dalam Skema Investasi Saham Pertambangan Mineral Dan Batu Bara Berdasarkan Prinsip Perlindungan Kepentingan Nasional. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
KKB KK2 LP 09-19 Paw r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertitik lolak pada pemikiran akan pentingnya menganalisis skema divestasi saham penanaman modal asing sektor perlambangan mineral dan batubara di Indonesia dengan mcnggunakan public choice theory dan rational choice theory. Skema divestasi saham di sektor pertumbangan Indonesia masih menyimpan permasalahan utama, yaitu mengenai bagaimana harga saham divestasi seharusnya diterapkan. Pemerintah Indonesia selalu terlambat dalam melakukan pembelian atau pelaksanaan divestasi dan seringkali pemerintah Indonesia kesulitan untuk mendapatkan pendanaan pembelian saham di vestasi. Bahkan jika dana di vestasi berhasil didapatkan, maka divestasi dilakukan melalui proses sindikasi dcngan uang dari pinjaman ke pihak ketiga. Oleh karena itu, diperlukan reformasi perubahan hukum dalan mekanisme divestasi saham dalam sektor pertambangan. Penerapan Public Choice Theory dalam kebijakan divestasi saham adalah mengambil keputusan yang akan bcrmanfaat bagi masyarakat luas, dengan tidak mengubah kebijakan divestasi saham namun menentukun mekanisme yang lebih jelas tentang penentua harga saham divestasi, sehingga manfaat atau utilitas dari kebijakan tersebut akan sama-sama terdistribusi secara luas terhadap masyarakat. Sedangkan Rational Choice Theory menjadi dasar bawasanya pemerintah dalam pengambilan kebijakan investasi harus membawa keuntungan yang sebesar-besanya bagi host country, baik dari segi ekonomi dan sosial. Apabila setelah dilakukan pertimbangan dan menghasilkan penilaian bahwa skema divestasi saham dengan cara dibeli senilai dengan harga pasar tidak memberi manfaat yang besar bagi Negara, dan cenderung merugikan negara, maka pemerintah harus merubah skema kebijakan divestasi saham tersebut. Penelitian ini menemukan 3 altenatif bagi mekanisme divestasi di sektor pertambangan, yailu : Pertama, menentukan mekanisme yang Iebih jelas tentang penenilian harga saham divetlasi, kedua, menghilangkan aturan divestasi saham, dan ketiga, divestasi saham tanpa pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian hukum. Pendekatan masalah yang digunakan dalam penelitian ini secara umum adalah conceptual approach, statute approach, case approach, comparative approach, serta economic analysis of law. Bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan, konvensi intemasional dan putusan ICSID. Sedangkan bahan hukum sekunder berupa kepustakaan dan hasil penelitian sebelumnya yang terkait.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK2 LP 09/19 Paw r
Uncontrolled Keywords: divestasi saham, hukum investasi, hukum penanaman modal, hukum pertambangan, rational choice theory.
Subjects: K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K85-89 Legal research
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Creators:
CreatorsNIM
WIDHAYANI DIAN PAWESTRI, -NIDN0006128703
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:34
Last Modified: 05 Apr 2022 04:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114557
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item