PERBEDAAN KARAKTERISTIK INDIVIDU ANTARA DESA BELUM ODF DENGAN DESA ODF DI SURABAYA

Putri Nabilah Ramadhani, - and R. Azizah, - and Juliana Jalaludin, - (2021) PERBEDAAN KARAKTERISTIK INDIVIDU ANTARA DESA BELUM ODF DENGAN DESA ODF DI SURABAYA. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11 (2). 237 -246. ISSN 2549-8134

[img] Text (Corresponding)
12 corresponding.pdf

Download (870kB)
[img] Text (Similarity)
12 Similarity.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Full Text)
12 artikel.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
12 Peer Review.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM

Abstract

Pemahaman akan lingkungan tidak bersih akan mendatangkan penyakit umum dipahami oleh masyarakat. akan tetapi, jarang yang mengetahu bahaya penyakit apa yang akan menyerang mereka dengan buang air besar sembarangan (babs). dalam proses implementasinya, pemerintah masih mengalami kesulitan untuk meratakan wilayah sehat berstatus open defecate free (odf). penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan karakteristik individu terhadap praktik buang air besar antara desa odf (kelurahan ketintang) dengan desa belum odf (keluarahan jagir) di kota surabaya. penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang bertempat tinggal di bantaran rel kereta api di desa kelurahan ketintang dan di bantaran sel kereta api di desa kelurahan jagir. sample dalam penelitian ini adalah 68 orang dari desa belum odf dan 60 orang dari desa odf yang ditentukan dengan menggunakan metode probablility sampling dengan teknik proportional random sampling. data diperoleh dengan cara observasi lapangan, penyebaran kuisioner dan wawancar. analisis data menggunakan uji mann-whitney u test. perbedaan tingkat pendidikan ada hubungan dengan desa yang belum odf dan sudah odf (p=0.000). tingkat pendapatan ada hubungan dengan desa belum odf dan desa sudah odf (p=0.000). status kependudukan tidak ada hubungan dengan desa belum odf dan desa odf (p=0,306). kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara perbedaan karakter individu terhadap praktik buang air besar dengan desa yang sudah odf dan yang belum odf.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: karakteristik individu; tingkat pendidikan; tingkat pendapatan; status kependudukan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1518-1697 Individual Ethics, Character, Virtue (including practical and applied ethics, conduct of life, success)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Putri Nabilah Ramadhani, --
R. Azizah, -NIDN0031126710
Juliana Jalaludin, --
Depositing User: Tn Chusnul Chuluq
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:10
Last Modified: 07 Apr 2022 04:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114587
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item