Perancangan Sistem Holografi Digital Berbasis Laser Sebagai Alat Alternatif Untuk Dokumentasi dan Diagnosis Kerusakan Gigi

Retna Apsari, - and Suhariningsih, - and Yhosep Ghita Yhun Yhuwana, - (2010) Perancangan Sistem Holografi Digital Berbasis Laser Sebagai Alat Alternatif Untuk Dokumentasi dan Diagnosis Kerusakan Gigi. Laporan Penelitian. Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (fulltext)
KKC LP 133-11 APS P2.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem holografi digital berbasis laser dan bersifat non invasif , non destructive dan memiliki ketelitian tinggi dikaji dalam penelitian ini sebagai alat alternatif untuk dokumentasi dan diagnosis kerusakan gigi tiruan dan gigi manusia akibat perubahan suhu dalam skala laboratorium. selain sebagai alat alternatif, juga dapat difungsikan sebagai virtual laboratory system dalam memberikan informasi kinerja holografi digital dan keunggulannya bekerja secara real time untuk mendeteksi deformasi gigi manusia akibat perubahan suhu. Penelitian ini bertujuan merancang dan membuat prototipr sistem holografi digital yang meliputi proses perekaman dan rekonstruksi digital, analisis dan pengolahan image secara digital dengan mendesain program image processing of hologram dengan metode filter spasial (filter high pass, low pass, dan medium) serta dengan filter frekuensi (filter high pass frequency filtering, dan low pass frequency filtering) otomatis diagbosis deformasi gigi akibat perubahan suhu dengan menggunkan interfacing berbasis mikrokontroler, serta menguji coba kinerja sistem dengan melewatkan laser pada fiber optik. Kinerja sistem melalui fiber optik perlu dicoba karena untuk aplikasi pada tataran klinis di masa datang laser harus dilewatkan pada fiber optik, untuk tujuan kemanan pemakaian .

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC LP 133/11 Aps p
Uncontrolled Keywords: hologram digital, laser, kerusakan gigi
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q1-390 Science (General)
R Medicine > RK Dentistry > RK520-528 Orthodontics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
Retna Apsari, -NIDN0026066802
Suhariningsih, -NIDN0027065203
Yhosep Ghita Yhun Yhuwana, --
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:15
Last Modified: 05 Apr 2022 07:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114606
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item